Ternyata Begini!! Cara Mudah Mendapatkan Ide Penelitian Jurnal

Bagikan!

Untuk orang yang sudah pernah melakukan penelitian pasti tidak akan merasa bingung saat mencari ide. Karena pada proposal sebelumnya dia sudah membuat step-step yang berisi penelitian apa sudah yang sudah dilakukan.

Sebuah ide penelitian merupakan sebuah modal pertama dalam membuat proposal, bagaimana mungkin kamu bisa membuat proposal jika tidak mempunyai ide. Kalau ingin tahu kamu bisa simak artikel berikut ini :

Ide Penelitian yang Baik 

Ide penelitian yang baik adalah penelitian yang dibuat dengan cara cerdas, inovatif dan kreatif.

1. Cerdas. Yang berarti penelitian yang dilakukan harus mendapatkan solusi yang tepat dalam sebuah persoalan dan tujuan tersebut bisa tercapai jika kamu berpikir dengan cerdas.

2. Inovatif. Yang artinya mampu memberikan yang alternatif jawaban sebanyak mungkin untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Karena penelitian merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya.

3. Kreatif. Berpikir kreatif artinya melihat sesuatu yang sama seperti orang lain dan mampu memikirkan hal yang berbeda dari orang lain. 

Syarat Mendapatkan Ide Penelitian yang Baik

1. Keahlian

Permasalahan bisa terselesaikan kalau dikerjakan oleh orang yang punya skill. Dengan demikian, sebelum kamu membidik sebuah penelitian ukurlah kemampuan kamu sendiri.

2. Kemampuan

Yang dimaksud kemampuan adalah mampu untuk menyelesaikan persoalan dengan apa yang dimilikinya. Jadi, usahakan penelitian yang kamu lakukan tidak keluar dari bidang keilmuan kamu.

3. Sikap 

Sikap yang baik untuk diri sendiri sangat dibutuhkan dalam segala hal. 

4. Tanggung Jawab

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka ajaklah orang-orang yang bertanggung jawab saja untuk masuk dalam tim kamu.

5. Kerjasama Tim

Setiap anggota tim penelitian harusnya harus pada bidang keilmuan yang berbeda, supaya dapat melengkapi.

Baca juga:  Pentingnya Les Privat Calistung Sejak Dini untuk Anak

Cara Untuk Mendapatkan Ide Penelitian

Berikut dibawah ini cara mendapatkan ide penelitian yang mudah kamu lakukan.

1. Gunakan 5W+1H

Ini adalah kelompok pertanyaan yang bisa kamu gunakan sebagai dasar mengumpulkan informasi informasi. 5W+1H banyak dipergunakan oleh para jurnalis untuk menyusun berita dan penyidikan polisi. 

2. Amati Lingkungan Sekitar

Kalau kamu kesusahan dalam menemukan ide kamu bisa ke tempat-tempat umum, seperti taman, pasar, pedesaan dan lainnya untuk mencari sebuah ide.

3. Pergi ke Tempat Favorit

Setiap orang pasti punya tempat favoritnya tersendiri untuk menemukan sebuah ide, ada yang suka dengan keramaian ada juga yang suka ditempat sepi.

Demikianlah cara untuk mendapatkan sebuah ide penelitian, semoga cara diatas bisa bermanfaat buat kamu. Terimakasih

Bagikan!