Strategi SEO yang Wajib Anda Coba di Masa Pandemi

Bagikan!

Membuat strategi untuk SEO tidak harus tentang backlink, sebenarnya masih ada banyak cara lain yang bisa digunakan agar performa situs Anda menjadi lebih maksimal.

Beberapa waktu ini, istilah Search Engine Optimization atau yang biasa disebut dengan SEO sedang banyak diperbincangkan, karena SEO dipercaya dapat menjadi jalan keluar untuk bisnis digital ditengah pandemi ini. 

Lalu apakah SEO masih dapat digunakan untuk investasi perusahaan? Apabila jawabannya iya, lalu seperti apa strategi yang bisa digunakan? Nah, di artikel ini kami akan memberitahukan kepada Anda strategi SEO yang wajib Anda coba di masa pandemi ini.

Strategi-strategi SEO di Tengah Masa Pandemi

Berdasarkan perhitungan kami, sebenarnya ada banyak strategi yang bisa diterapkan. Akan tetapi kami sudah melakukan penyaringan untuk strategi yang sangat cocok dicoba di masa pandemi. Jadi silahkan baca sampai akhir, ini dia cekidot!

1. Optimalkan Lagi Judul dan Deskripsi Singkat Website Anda

Strategi pertama yang bisa Anda coba terapkan adalah mengoptimalkan lagi atau optimasi ulang judul dan deskripsi singkat dari website Anda.

Untuk menggunakan strategi ini, Anda harus sudah memperbarui semua judul, konten, serta gunakan landing page yang menggunakan deskripsi singkat yang terbaru dan berkaitan dengan kondisi saat ini.

Keterkaitan ini menjadi faktor pendukung karena akan semakin banyak pesaing lain yang terjun ke dunia ini memikul strategi yang lebih baru dan lebih efektif.

2. Periksa Kembali Search Intent

Search intent merupakan salah satu mesin yang berguna untuk menentukan apakah konten Anda dapat tampil di tampilan depan mesin pencarian atau malah justru tenggelam tertimbun konten lain di halaman belakang mesin pencarian.

Untuk itu, gunakanlah jenis intent dari tiap keyword. Kami akan menjelaskan setidaknya tiga jenis intent dari tiap keyword, sebagai berikut:

  • Navigational Keyword : biasanya sering digunakan oleh pembaca atau pencari informasi untuk diarahkan ke situs tertentu. Keyword ini biasanya terdiri dari nama brand sosmed, seperti Twitter thread, Facebook login, atau Tik Tok fyp.
  • Informational Keyword : mayoritas digunakan oleh blogger, media berita, atau bahkan situs e-commerce untuk menarik pembaca atau pengunjung.
  • Transactional Keyword : jenis keyword yang sulit ditembus karena biasanya situs dengan keyword ini memiliki otoritas yang tinggi dan biasanya memiliki iklan PPC Google Ads yang jumlahnya banyak pula.
Baca juga:  4 Cara Menaklukkan Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Ada perubahan ciri yang terjadi akibat pandemi ini, para pebisnis sebaiknya dapat lebih memperhitungkan strategi dan segera beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

3. Buatlah Konten yang Berkaitan

Tidak semua pebisnis dan konten kreator bisa memahami mengenai konten yang berkaitan. Keadaan tersebut sangat wajar apabila terjadi, karena ada fakta bahwa setiap bisnis memiliki ciri serta faktor pendorong yang berbeda-beda.

Saran dari kami adalah cobalah untuk lebih dalam dalam mempelajari bisnis dan buka mata Anda untuk menemukan sudut pandang baru yang bisa menarik perhatian pengunjung atau target pasar Anda.

4. Amati Core Web Vitals

Core Web Vitals atau yang biasa disebut dengan Algoritma Page Experience merupakan sebuah pengukuran yang digunakan oleh Google untuk memberi peringkat pada situs berdasarkan kualitas situs dan experience dari pengunjung.

Anda dapat mengoptimalkan nilai Core Web Vitals dengan cara perbarui atau migrasi hosting ke layanan yang lebih baik untuk meningkatkan kecepatan memuat situs. Selain itu, diperlukan perhatian khusus untuk membuat tampilan situs menjadi lebih nyaman, stabil serta lebih mudah dipakai baik dari segi perangkat mobile maupun desktop.

5. Adaptasikan dengan Perubahan Trend

Akibat dari pandemi ini, banyak sekali lahirnya trend baru, nah Anda sebagai pebisnis harus sebisa mungkin untuk memutar otak dan segera beradaptasi dengan perubahan ini agar bisnis Anda tetap jalan.

6. Idealkan Local SEO

Local SEO merupakan strategi optimasi bisnis untuk search engine di wilayah tertentu. Lingkup wilayah seperti satu negara, satu provinsi, satu kota, dan lain-lain.

Strategi ini sangat cocok digunakan di masa sekarang yaitu di masa pandemi, karena sesuai dengan aturan PSBB dari pemerintah untuk membatasi segala kegiatan diluar rumah. Strategi ini juga dapat memudahkan calon konsumen di sekitar Anda menemukan bisnis Anda.

Baca juga:  Cara Mudah Menghapus Akun Tiktok di Hp Android dan iOS, Terbaru 2021!!

7. Pakailah Paket Hosting yang Terbaik

Sangat penting hukumnya untuk para pebisnis untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan traffic ke situs Anda. Jika sebelumnya Anda memiliki situs dengan traffic dibawah 10 ribu perhari, maka sangat disarankan untuk melakukan langkah antisipasi seperti memperlebar space dan spesifikasi hosting.

Jangan sampai Anda kehilangan potensi penjualan hanya karena calon pelanggan tidak bisa mengakses situs Anda.

 

Nah itu dia beberapa strategi yang dapat Anda terapkan di masa pandemi ini. Jangan menyerah dalam mengembangkan bisnis Anda, hanya karena pandemi ini. Namun jika Anda masih merasa kurang mampu dalam memaksimalkan potensi SEO untuk bisnis Anda. Maka Anda bisa menggunakan jasa SEO Semarang. Semua tim yang terlibat sudah memiliki pengalaman dibidang optimasi SEO. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi.

Bagikan!