Sasaran, Gejala, dan Cara Mengobati Gigitan Kecoa Pada Manusia

Pasti dari kalian ada yang bertanya tanya apakah kecoa menggigit manusia? seperti serangga pada umumnya, kecoa ternyata bisa menggigit manusia meskipun mereka tidak membutuhkan darah seperti nyamuk. Jika anda tidak percaya, anda bisa menanyakannya pada spesialis kecoa atau bisa juga pada jasa pembasmi kecoa. Lalu apa penyebab kecoa menggigit manusia? mereka akan menggigit manusia apabila mereka merasa sangat lapar sedangkan sumber makanan mereka tidak mencukupi lagi karena populasi mereka yang semakin bertambah.

Sasaran, Gejala, dan Cara Mengobati Gigitan Kecoa Pada Manusia

Sasaran gigitan kecoa pada manusia

Meskipun jarang terjadi, tetapi tetap saja benar adanya bahwa kecoa bisa menggigit manusia. jika anda khawatir kecoa dirumah anda bisa menggigit anda, sebaiknya segera hubungi jasa pembasmi kecoa untuk mencegah hal itu terjadi. Biasanya kecoa akan menggigit manusia di malam hari ketika orang sedang tertidur dan tidak bergerak.

Sasaran umum tubuh manusia yang terkena gigitan kecoa yaitu :

  • Wajah
  • Mulut
  • Tangan
  • Jari

Gejala gigitan kecoa pada manusia

Tahukah anda bahwa gigitan kecoa sedikit mirip dengan gigitan serangga lain seperti nyamuk dan kutu busuk. Namun ada beberapa perbedaan antara gigitan kecoa dan serangga lain.

Beberapa gejala akibat gigitan kecoa pada manusia :

  • Gigitan kecoa berwarna merah cerah dan lebarnya sekitar 4mm, berbentuk sedikit lebih besar daripada gigitan kutu busuk
  • Gigitan kecoa hanya muncul satu persatu, berbeda dengan gigitan kutu busuk yang muncul dalam satu garis lurus
  • Gigitan kecoa juga menyebabkan kulit bereaksi dengan bengkak dan menjadi gatal
  • Gatal karena gigitan kecoa dapat bertahan hingga satu minggu

Selain itu, gigitan kecoa juga dapat menyebabkan benjolan dilokasi gigitan. Jika anda merasa khawatir karena mengalami gigitan kecoa, sebaiknya anda mencari pertolongan medis.

Cara mengobati gigitan kecoa pada manusia

Ada juga orang yang bertanya kepada spesialis kecoa atau juga jasa pembasmi kecoa tentang cara mengobati gigitan kecoa. Yang pertama anda lakukan adalah tidak menggaruk area gigitan kecoa karena dapat berisiko memperburuk kondisi dan menyebabkan infeksi kulit.

Beberapa cara mengobati gigitan kecoa yaitu :

  • Cuci area gigitan dengan sabun dan air, cara ini dilakukan untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang tertinggal dari kecoa serta mengurangi risiko infeksi.
  • Tempatkan kompres dingin atau kompres es pada area yang digigit, cara ini akan membantu anda untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Apakah gigitan kecoa berbahaya?

Seperti yang anda ketahui kecoa adalah serangga paling kotor dan menjijikan. Mereka juga membawa berbagai kuman, bakteri dan patogen yang berbeda pada tubuh mereka. Mereka juga dapat menularkan penyakit seperti Salmonella melalui kotoran, urin, muntah, dan air liur. penyakit tersebut dapat ditularkan dengan menginfeksi luka yang terbuka atau melalui inhalasi. Lalu, apakah gigitan kecoa berbahaya? Jawabanya tidak sepenuhnya berbahaya.

Untuk mencegah terjadinya gigitan kecoa, anda harus menjaga kebersihan dan meminta bantuan kepada jasa pembasmi kecoa yang profesional. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa makanan dirumah anda tertutup dengan rapat karena kecoa memiliki kebiasaan mencemari makanan manusia.