Perlengkapan dan Komponen Dari CCTV Serta Fungsinya

Bagikan!

Saat kita mengunjungi tempat-tempat umum maka kita akan melihat kamera pemantau dimana-mana untuk digunakan sebagai alat bukti jika seandainya ada tindakan melanggar hukum disana. Secara psikis tempat yang ada CCTV nya minim tindakan kriminal seperti pencopetan karena mereka merasa diawasi.

CCTV adalah singkatan dalam bahasa Inggris yaitu Closed Circuit Television. Yang secara harfiah diterjemahkan sebagai Televisi Sirkuit Tertutup. Artinya benda ini menggunakan sinyal yang tidak biasa (seperti sinyal televisi untuk siaran) untuk menampilkan gambar yang dihasilkan oleh kamera CCTV.

Karena sifatnya yang tertutup maka tidak mungkin orang lain mendapatkan sinyal yang dihasilkan oleh CCTV tanpa bantuan alat tertentu yang dipasangkan antara monitor dan kamera.

Perlengkapan dan Komponen Dari CCTV Serta Fungsinya

Penggunaan

CCTV digunakan untuk kebutuhan mengamankan tempat-tempat yang memungkinkan adanya tindakan pencurian di sana seperti pusat perbelanjaan, bandara, sekolah, kampus, pabrik dan rumah.

Komponen

Komponen CCTV terdiri dari 3 komponen utama yaitu kamera, DVR, dan monitor.

Kamera

Kamera CCTV adalah komponen input yang dipasang pada bagian tertentu yang hendak dipantau. Tipe kamera pada CCTV ada bermacam-macam tergantung pada kualitas gambar yang dihasilkan. Ada yang tinggi dan demikian juga sebaliknya ada yang memiliki kualitas yang lebih rendah. Ada dua tipe kamera CCTV yaitu CCTV analog dan juga Camera CCTV Network. Pada CCTV analog dibutuhkan DVR pada setiap CCTV dan dibutuhkan kabel setiap kamera yang terhubung ke DVR. Sedangkan CCTV Network tidak memerlukannya karena terhubung pada jaringan yang dinamakan IP dan ini adalah cara yang paling hemat dan efektif.

DVR

DVR merupakan singkatan dari Digital Video Recorder yang dipakai pada kamera. Semua hasil yang ditangkap oleh kamera akan diproses, diproyeksikan dan disimpan disini. Untuk membuktikan perkara di pengadilan maka DVR lah yang dibawa dan dijadikan sebagai alat bukti yang sah.

Baca juga:  Pengertian Database Server

Monitor

Monitor sama halnya TV dan PC dimana ini fungsinya adalah untuk menampilkan semua gambar yang ditangkap oleh kamera CCTV. Ada banyak jenis monitor ada yang tabung, LCD, LED, dan OLED.

Jangan ragu jika ada pertanyaan seputar CCTV, bisa langsung menghubungi toko CCTV Daweta.net.

Bagikan!