Penyebab Subscriber YouTube Kabur

Bagikan!

Terkadang saya sering melakukan bersih bersih channel YouTube. Channel yang menurut saya kualitas kontennya kurang menarik, kurang update, dan kurang bermanfaat segera saya unsubscribe masal. Bahkan saya sering unsubscribe seluruh channel YouTube dan mensubscribe channel YouTube yang lain dan baru agar beranda YouTube saya selalu fresh dengan informasi terbaru yang menarik dan menghibur.

Namun nyatanya bukan saya saja yang melakukan ini, hampir semua orang melakukan hal yang sama. Saat melihat channel YouTube yang kurang bagus menurutnya, ia langsung subscribe.

 

Ini menjadi masalah yang membingungkan bagi pemilik channel. Dan ini menjadi isu yang menakutkan juga. Ternyata subscriber yang banyak tidak lantas menjadikan semua konten anda menjadi banyak yang nonton juga justru sebaliknya yang terjadi malah seringkali konten tidak menarik bagi penonton akan berbahaya bagi kelangsungan channel YouTube.

 

Untuk menghindarinya, berikut beberapa nasihat yang bisa saya berikan:

 

1. Jangan monoton

 

Seringkali saat satu video ditonton sangat banyak sekali orang, kita mulai pede bahwa konten selanjutnya di posting akan menarik juga untuk ditonton. Anda terus memproduksi konten yang sama namun ternyata tidak mendapatkan respon yang bagus.

 

Tentu saja, mungkin penonton sudah jenuh melihat konten yang sama. Cobalah buat konten yang bervariasi dalam topik yang sama.

 

2. Minta tanggapan penonton

 

Semua channel YouTube besar cukup rendah hati memintai pendapat dari penontonnya untuk mengembangkan konten mereka. Lakukanlah hal yang sama juga. Cobalah untuk memposting konten atau story tentang konten anda dan buatlah sesuai dengan selera mereka.

 

3. Kembali pada prinsip dasar konten YouTube

Ingatlah pada prinsip dasar (setidaknya yang saya yakini demikian) bahwa seseorang membuka YouTube karena jenuh, bosan, gundah, lelah dan membutuhkan hiburan yang membuat mereka semakin bersemangat, tertawa, terinspirasi, berempati, penasaran, dan terhibur. Intinya, aduklah emosi penonton dengan konten anda. Entah konten pendidikan, motivasi atau horor, mengaduk emosi penonton adalah kunci para YouTuber. Istilahnya emosional roller coaster yaitu kita sebagai penonton mengalami gejolak emosi bermacam-macam sehingga tidak mudah bosan dan lelah menonton video.

Bagikan!
Baca juga:  4 Cara Menaklukkan Algoritma TikTok Agar Videomu Viral