Pengertian Rumah Subsidi dan Persyaratanya

Bagikan!

Beberapa masyarakat yang memiliki rumah subsidi tidak semuanya merasa puas akan tampilan awal yang dibuat developer. Sehingga terlintas niat untuk merenovasi rumah tersebut. walaupun diperbolehkan merenovasi rumah subsidi, pemilik juga harus mematuhi ketentuan renovasi yang ditetapkan penyelenggara. 

Namun, sebelum anda mengetahui tips merenovasi rumah subsidi alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu apa itu rumah subsidi dari pemerintah beserta manfaat, keuntungan dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk memilikinya. 

 

Apa Itu Rumah Subsidi

Rumah subsidi merupakan salah satu produk kredit kepemilikan rumah yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Rumah subsidi ini menjadi program pemerintah yang membantu masyarakatnya untuk memiliki hunian yang layak dan harganya pun murah.

Rumah subsidi ini tidak hanya bisa dibeli oleh pekerja tetap suatu perusahaan, tetapi bisa bagi siapa saja asalkan memiliki kemampuan finansial yang mencukupi tapi tetap masuk dalam kategori MBR.

 

Manfaat Rumah Subsidi 

Rumah subsidi menawarkan manfaat yang sangat berguna bagi pemiliknya. Rumah subsidi ditawarkan dengan harga yang terjangkau serta boleh direnovasi apabila diperlukan. Kelonggaran ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki rumah subsidi dalam meningkatkan kualitas produk rumah subsidinya.

 

Keuntungan Rumah Subsidi

Keuntungan membeli rumah subsidi ini yang paling utama adalah harganya yang murah, cicilan mudah dengan jangka waktu panjang. Dengan begitu, masyarakat yang memiliki penghasilan yang rendah masih diberi harapan untuk memiliki hak kepemilikan rumah melalui program rumah subsidi ini.

apa itu rumah subsidi dan persyaratannya

Persyaratan

Syarat yang perlu diajukan untuk membeli rumah subsidi, pemohon harus orang WNI asli dibuktikan dengan kepemilikan E-KTP. Berusia minimal 21 tahun sampai 55 tahun. Memiliki NPWP dan SPT. Selain itu, penghasilan perbulannya maksimal 8 juta rupiah. Dipastikan bahwa sebelumnya belum pernah mengikuti program pembelian rumah subsidi.

Baca juga:  Keunggulan Investasi Kavling Produktif

 

Tips Merenovasi Rumah Subsidi

Penyelenggara program rumah subsidi mengizinkan permohonan renovasi rumah subsidi. Dalam merenovasi rumah subsidi ada beberapa tips yang bisa diikuti oleh pemilik rumah. Misalnya seperti merenovasi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas komponen material seperti penambahan teralis, pagar, ataupun kanopi. 

Selanjutnya adanya renovasi perluasan rumah, yang mana pemilik bisa memanfaatkan lahan tersisa untuk menambah bagian rumah. Yang terakhir merenovasi rumah subsidi dengan menambah tampilan rumah agar lebih bagus. Contohnya menambah ornamen, tempat parkir, dan sebagainya.

 

Kesimpulan

Itulah tips merenovasi rumah subsidi. Merenovasi rumah boleh dilakukan dengan catatan tidak merubah tampilan fasad rumah. Pemilik hanya diperbolehkan menambahi, mempercantik dan memperluas bagian rumah. Jika melanggar peraturan, risiko yang paling berat yakni dicabutnya subsidi.

 

Source : https://rumahsubsidicikarang.com

Bagikan!