Mengenal Tahapan Pernikahan Adat Batak Yang Penuh Makna

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan adat dan budayanya, salah satu adat yang paling terkenal yaitu berasal dari Suku Batak. Suku yang sebagian besar mendiami wilayah Sumatera ini memang memiliki ciri khas yang sangat unik, bahkan sudah dikenal secara dunia. Salah satu adat Suku Batak yang paling terkenal adalah Upacara Pernikahannya.  Pernikahan Suku Batak dikenal sebagai salah satu upacara adat yang sangat meriah dan membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Tidak hanya terkenal dengan biayanya yang mahal, Pernikahan Adat juga terkenal dengan prosesnya yang begitu rumit dan mahal. Ada beberapa tahapan dalam proses Pernikahan Adat Batak, meskipun rumit namun sarat akan makna. Jika salah satu tahapan tidak dilakukan, rasanya sangat janggal dan tidak afdol. Dengan melaksanakan setiap tahapan dalam proses pernikahan, maka itu tandanya sepasang pengantin akan siap untuk menyokong adat horja yang lebih besar.

Berikut Ini Tahapan Dalam Prosesi Pernikahan Adat Batak

Pernikahan Adat Batak Toba

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa prosesi pesta batak (pernikahan) terkenal begitu rumit, lama, dan mahal. Setidaknya akan ada 9 tahadapan dalam prosesi pernikahan Adat Batak. Nah, berikut ini tahapan yang dimaksud :

1. Mangaririt

Mangaririt merupakan tahapan persiapan untuk memilih gadis yang akan dijadikan istri dengan kriteria yang sesuai dengan pengantin pria dan keluarga. Biasanya tahapan ini akan dilaksanakan ketika sang mempelai pria sedang merantau, sehingga mau tidak mau harus diwakilkan oleh keluarga.

2. Mangalehon Tanda

Dalam tahap ini, sang mempelai pria akan memberikan uang kepada mempelai wanita dan mempelai wanita akan memberikan kain sarung kepada mempelai pria. Dengan dilangsungkannya tahap ini, maka itu berarti telah ada ikatan antara mempelai pria dan wanita.

3. Marhusip

Jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia, Marhusip berarti berbisik. Dalam tahap ini wakil dari mempelai pria dan wanita akan membicarakan atau mendiskusikan terkait dengan mas kawin yang tidak boleh diketahui secara umum.

4. Martumpol

Martumpol bisa diartikan juga sebagai acara pertunangan. Upacara ini akan diikuti oleh orang tua kedua mempelai dan beberapa tamu undangan.

5. Marhata Sinamot

Marhata Sinamot merupakan tahapan yang dilakukan oleh pihak laki-laki yang membicarakan tentang hewan apa yang akan disembelih, berapa banyak jumlah ulos, jumlah undangan, dan dimana upacara serta pesta pernikahan akan dilaksanakan. Dalam tahapan ini, kedua keluarga akan melaksanakan perkenalan secara resmi.

6. Martonggo Raja

Dalam tahap ini, akan dilangsungkan sebuah acara dimana semua anggota keluarga akan dikumpulkan.

7. Manjalo Pasu-Pasu Parbagason

Tahapan ini merupakan acara pemberkatan pernikahan kedua pengantin yang akan dilaksanakan di gereja oleh Pendeta. Nah, dalam prosesi ini maka kedua pengantin telah sah menjadi suami dan istri. Setelah acara pemberkatan, kedua pengantin akan kembali ke rumah untuk mengadakan upacara adat Batak.

8. Marunjuk atau Alaon Unjuk

Selain harus mendapatkan pemberkatan dari gereja yang dilakukan oleh pendeta, kedua pengantin harus memperoleh pemberkatan dari seluruh anggota keluarga terutama orang tua. Dalam tahap ini akan berisikan tentang penyampaian doa-doa dan harapan yang diiringi dengan pemberian ulos dan jambar. Jambar akan dibagikan ke pihak perempuan berupa daging dan uang. Sementara pihak laki-laki akan menerima ikan masa arsik dan ulos.

9. Dialap Jual

Dialap Jual merupakan prosesi yang diselenggarakan di rumah pengantin perempuan. Dalam prosesi ini akan dilangsungkan acara membawa pengantin perempuan ke tempat mempelai pria.

Nah, itu dia 9 tahapan dalam proses Pernikahan Adat Batak yang umumnya dilakukan. Sebenarnya masih ada beberapa tahapan lain yang biasanya dilangsungkan dalam prosesi Pernikahan Adat Batak. Namun secara umum, kesembilan tahapan diatas merupakan tahapan yang paling sering dilaksanakan. Bagaimana? Lumayan panjang dan rumit ya prosesnya? Namun dibalik kerumitan dan panjangnya proses, pernikahan Adat Batak dinilai sebagai prosesi pernikahan yang paling seru lho!