Mengenal Budidaya Pertanian Rumput Laut

Bagikan!

Dengan beragamnya komoditas di Indonesia, menjadikan negara ini sangat kaya akan sumber daya alam. Salah satunya pada pertanian rumput laut. Jenis varietas tersebut merupakan salah satu kekhasan daerah laut. Kegunaan sumber makanan ini juga sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Metode Budidaya Dalam Pertanian Rumput Laut

Sebagai negara maritim, tentu saja Indonesia menyimpan kekayaan laut yang berlimpah. Hal ini bisa dilihat dengan adanya pertanian rumput laut. Hasil produksinya kini bisa mencapai lebih dari 11 juta ton. Dalam pembudidayaannya, terdapat beberapa metode, seperti:

1. Metode Lepas Dasar

Cara pertama dalam penanaman rumput laut adalah menggunakan metode lepas dasar. Ini merupakan teknik pembudidayaan dengan memakai 100 gram bibit kemudian mengikatkannya pada seutas tali. Setelah itu, direntangkan dalam air memakai bantuan patokan.

Pancang-pancang kayu atau bambu tersebut memiliki ukurang sepanjang satu meter. Selanjutnya, petani akan menancapkan hingga setengah meter dengan jarak setiap barisnya sebesar 2.5 meter. Ini merupakan metode paling sering digunakan.

2. Metode Permukaan

Dalam penggunaan metode permukaan, terdapat dua jenis cara. Pertama memakai rakit dan kedua menggunakan tali rentang. Saat pemakaian teknik perakitan, maka membutuhkan potongan bambu, adukan semen pasir, dan jangkar besi.

Metode tali rentang (long line) menggunakan bibit rumput laut sebanyak 50 hingga 150 gram kemudian mengikatnya pada bentangan tali nilon. Panjang dari talinya adalah 30 meter. Setelah itu, jaraknya harus diperhatikan yaitu kurang lebih sekitar 80 cm.

3. Metode Rawai

Selanjutnya ada metode rawai pada pertanian rumput laut. Ini merupakan cara yang menjadi favorit para petani karena prosesnya tergolong mudah atau fleksibel. Selain itu, pemilihan lokasinya tidak sulit serta biaya lebih murah.

Baca juga:  Menanam bawang merah

Pada pantai lepas, Anda akan melihat garis-garis panjang yang sejajar dalam jumlah banyak. Inilah metode penanaman rumput laut menggunakan teknik rawai. Hasil panen memakai cara ini juga tergolong bagus dan bermutu tinggi.

Sumber Lengkap : https://berkebun.co.id/

Itu dia sedikit ulasan mengenai metode dalam pembudidayaan pertanian rumput laut. Semoga bermanfaat dan menambah banyak referensi dan informasi terimakasih.

Bagikan!