Mengenal Benteng Kuto Besak Palembang

Bagikan!

Benteng Kuto Besak adalah bangunan keraton pada jaman abad ke-18 yang digunakan sebagai pusat kesultanan Palembang. Dahulu benteng ini didirikan oleh warga asli Palembang, bukan oleh kaum penjajah. Kita sering mendengar tempat-tempat atau benteng biasanya banyak di bangun oleh penjajah, namun Benteng Kuto Besak ini berbeda. Pembangunan murni dibuat oleh kesultanan Palembang yang dipimpin Sultan Mahmud Baharuddin.

Tempat ini banyak menarik para wisatawan baik lokal maupun nasional. Seperti warga Lampung yang menggunakan jasa travel lampung Palembang, untuk melihat langsung benteng Kuto Besak Palembang.

Tentang Kuto Besak Palembang

benteng kuto besak

Benteng ini sangat luas memiliki panjang 274 m dan lebar 182 m, dengan tinggi pagar 9 m dengan tebal 2 m. Waktu yang di habiskan untuk membangun Benteng Kuto Besak ini lebih dari 17 tahun. Dengan menggunakan bahan semen kapur yang ada di pedalaman sungai ogan, dicampur dengan putih telur.

Di dalam benteng terdapat berbagai ruangan atau tempat-tempat khusus seperti balai agung, keputren, paseban, ruang tamu dan kediaman sultan. Selain itu juga terdapat masjid utama kerajaan.

Kita bisa membayangkan bagaimana pembangunan ini dilakukan pada zaman dahulu. Ini menandakan membuktikan bahwa para pendahulu bangsa indonesia memang yang sudah maju budaya dan kemampuannya.

Benteng ini sudah mengalami peralihan fungsi, dahulu digunakan sebagai istana kesultanan, kemudian sebagai benteng pertahana, sebagai rumah sakit dan saat ini digunakan sebagai markas kodim.

Wisata Benteng Kuto Besak

Selayaknya benteng tempat ini memang begitu terlihat sangat luas dan menakjubkan besarnya. Banyak pengunjung yang senang berfoto dengan latar belakang benteng ini. 

Di depan kawasan benteng saat ini digunakan sebagai Tempat tempat jajanan yang menjual aneka makanan khas Palembang seperti empek-empek, kerak telor, otak-otak, mie tek-tek dan lainnya. Ada juga yang menyewakan sarana permainan untuk anak-anak seperti mobil-mobilan, odong-odong, sepeda dan fasilitas bermain lainnya.

Baca juga:  Bagi Para Fans Korea Wajib Kunjungi 5 Restoran Korea Yang Terkenal Ini!

Lokasinya sangat strategis karena berdekatan dengan jembatan ampera dan persis di samping sungai musi. Banyak pengunjung yang memilih untuk datang di malam hari karena akan banyak deretan lampu taman yang memantul ke perairan sungai musi sehingga membuat indah pemandangan.

Bagikan!