Mengapa Mendirikan PT Lebih Sulit Dibandingkan Badan Usaha Lainnya

Bagikan!

Sebagaimana yang kita tahu bahwa terdapat banyak badan usaha yang dapat dipilih oleh pemilik usaha diantaranya seperti firma, CV, dan PT. Semua ini mempunyai perbedaan, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing.

Biasanya orang lebih memilih untuk memilih bentuk mendirikan CV atau firma ketimbang PT karena dianggap lebih mudah ketimang PT. Kenyataannya ada persamaan dalam langkah mendirikan PT ataupun CV. Diantara persamaan-persamaan tersebut salah satunya adalah sama-sama dibuat oleh notaris atau layanan jasa pendirian PT.

Persamaan antara CV dan PT lainnya adalah sama-sama membutuhkan akta pendirian yang dibuat oleh notaris, mengurus beberapa perizinan usaha, daftar wajib pajak, hingga mendapatkan pengesahan hukum.

jasa pendirian pt

Dalam proses mendirikan perseroan terbatas yang diperlukan adalah waktu yang lumayan lama diantaranya adalah seseorang harus memikirkan nama perusahaan yang nantinya akan diajukan kepada kementerian hukum dan HAM guna mendapatkan izin dan juga mengecek ketersediaan nama PT yang dipilih. Nama PT harus unik dan tidak boleh sama dengan nama PT lainnya.

Ini tentu berbeda dengan CV yang tidak membutuhkan pendaftaran ke lembaga apapun. Selain itu, PT diharuskan untuk mempunyai modal awal sebesar Rp. 50.000.000,- dan sedangkan CV tidak membutuhkan hal itu. Namun dengan adanya aturan baru dari UU Cipta Kerja maka khusus untuk UMK tidak membutuhkan modal sebanyak itu. Modal tergantung dari pemilik usaha.

Memang mendirikan PT mungkin agak sulit jika dibandingkan CV namun manfaat yang dapat diperoleh lumayan besar seperti kemudahan dalam memindah tangankan perusahaan. Artinya pemilik perusahaan adalah yang memegang saham mayoritas dan untuk memindahkan kepemilikan perusahaan hanya butuh memindahtangankan saham perusahaan.

Selain itu PT akan dapat melindungi harta pribadi. Jika usaha mengalami kerugian maka kerugian hanya sebatas pada modal yang disetorkan. Ini berbeda dengan CV yang bisa saja menarik harta pribadi jika mengalami kerugian sewaktu waktu.

Baca juga:  Kiat-Kiat Untuk Menjadi Dealer Pulsa yang Sukses

PT juga lebih dipercaya oleh kreditur sehingga mudah mendapatkan pinjaman usaha jika dibandingkan dengan CV. Karena PT terlihat lebih profesional jika dibandingkan dengan CV.

Bagikan!