Menanam bawang merah

Bagikan!

Kali ini kami terangkan materi tentang menanam bawang merah. Bagaimanakah caranya? Ikuti penjelasannya di bawah ini.

Menanam bawang merah

Untuk menanam bawang merah tentunya tidak lepas dari persiapan-persiapan yang harus disediakan untuk bertanam. Antara lain persiapannya ialah; Lahan, Bibit dan perawatannya. Untuk mengetahuinya secara ringkas akan kami tuliskan di bawah ini.

Pengelolaan Lahan

Adapun cara mengelola lahan buat persiapan menanam bawang merah ialah terlebih dahulu lahan dibajak, atau boleh juga dengan alat yang sederhana yaitu dicangkul. Kedalaman mencangkul tanah kisaran 25-30 centi meter, kemudian taburkan pupuk kandang di atasnya, dan tunggu sekitar seminggu. Setelah itu buatlah bedengan setinggi lebih kurang 30 centi meter dan lebarnya sekitar 60 sampai 75 centimeter. Selanjutnya tutup dengan plastik buat menjaga kelembaban tanah dan untuk menjaga tumbuhnya rumput yang liar.

Menanam Bibit

Sebelum bibit bawang merah tersebut ditanam, lahan tersebut basahin dulu. Kemudian ditugal sesuaikan dengan penempatan calon bibitnya. Jadi jarak lubang tugal ke lubang tugal yang satunya berkisar 15 x 15 centimeter. Atau diperkirakan saja. Kemudian bibit bawang merah tersebut ditanamkan dan tidak perlu terlalu dalam meletakkannya. 

Perawatan Tumbuhan Bawang Merah

Yang pertama sudah jelas tidak akan baik jika perawatan tumbuhannya tidak maksimal. Oleh karenanya agar pekerjaan tersebut tidak gagal maka perlu dimaksimalkan dalam perawatannya. Adapun cara yang sederhana sebagai berikut;

  1. Pupukilah secara teratur, karena pemupukan yang teratur itu adalah hal yang diutamakan untuk menjaga pertumbuhan bawang merah.
  2. Pemupukan dasar perlu dilakukan sebelum bibit bawang merah ditanam. Sedangkan setelah bawang tersebut ditanam maka pemupukan bisa dilakukan sekitar setelah 20 atau satu bulan sejak bibit ditanam.
  3. Selanjutnya lakukan penyiraman dan penyiangan rumput secara teratur. Penyiraman dilakukan dari awal tanam sampai 10 hari dilakukan 2 kali per satu harinya yaitu pagi dan sore.
Baca juga:  Merk Pestisida Terbaik

Demikian itu cara sederhana menanam bawang merah dan cara perawatannya. In syaa Allah jika dilaksanakan dengan cara yang baik maka hasilnya pun akan maksimal. Sumber: https://www.tanam.co.id/.

Bagikan!