Mempelajari JavaScript dan Dasar-dasarnya

Bagikan!

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat efek interaktif untuk halaman web seperti animasi dan konten dinamis. Ini tidak sulit untuk dipelajari tetapi membutuhkan waktu, jadi bersiaplah untuk menghabiskan berjam-jam belajar jika Anda ingin menjadi mahir dengan JavaScript.

Pikirkan JavaScript sebagai suatu mesin pada mobil dan HTML sebagai rangkanya. HTML memungkinkan orang menjelajah dari satu halaman ke halaman lain dan menampilkan tampilan yang menarik, tetapi JavaScript yang melakukan hal-hal lain yang sifatnya lebih dinamis seperti menambahkan konten interaktif atau membuat animasi yang mengikuti mouse Anda saat Anda berpindah ke elemen yang berbeda pada halaman HTML.

Sebagian besar dari kita dapat menjelajahi halaman web dengan mudah, tetapi hanya sedikit orang yang tahu cara menambahkan program JavaScript dan melakukan hal-hal seperti menambahkan efek khusus, membuat animasi, dan memanipulasi elemen pada halaman dengan cepat.

Apa itu JavaScript?

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan halaman web merespons dan berubah secara dinamis terhadap input pengguna. Ini adalah bahasa pemrograman web yang paling populer, tetapi ini bukan pengganti HTML atau CSS.

 

Apa yang Anda butuhkan untuk menggunakan JavaScript?

Anda dapat menulis JavaScript dasar menggunakan editor teks apa pun, seperti Notepad atau TextEdit. Sebagian besar browser web modern memiliki lingkungan JavaScript bawaan seperti Chrome, Opera, Firefox atau Safari.

 

Bagaimana cara belajar JavaScript?

Jika Anda ingin belajar JavaScript, tempat terbaik untuk memulai adalah tutorial belajar JavaScript dari Nextgen. Situs web ini mengajari Anda dari dasar dan memberikan contoh interaktif yang memungkinkan Anda untuk bermain-main dengan coding JavaScript secara real-time.

LearnJavaScript.io menawarkan kursus video gratis tentang JavaScript untuk pemula. Juga terdapat banyak video belajar pemrograman JavaScript di YouTube dan berisi konten yang cukup bermanfaat.

Baca juga:  5 Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop untuk Semua Merk & Sistem Operasi

Code School adalah layanan berbiaya yang menawarkan kursus bahasa pemrograman seperti JavaScript. Anda dapat membeli kursus individu atau mendaftar untuk berlangganan tahunan.

Tizag memiliki kursus JavaScript gratis yang ditawarkan sebagai tutorial teks dan seri video. Mereka bisa memandu Anda untuk belajar cara membuat game sederhana, seperti penjajah luar angkasa.

Jika Anda mencari buku untuk mempelajari JavaScript, saya merekomendasikan The Definitive Guide to JavaScript. Ini mungkin bukan yang paling komprehensif dan mencakup segala sesuatu mulai dari sintaks dasar hingga fitur lanjutan.

 

Berapa banyak waktu yang Anda butuhkan?

Anda dapat menjadi mengerti JavaScript hanya dalam satu atau dua hari, tetapi akan memakan waktu lebih lama dari itu untuk menjadi mahir dan terampil dalam menuliskan baris demi baris coding JavaScript yang lebih kompleks. Sangat mudah untuk memahami sintaks JavaScript, tetapi butuh waktu dan latihan untuk menguasai konsep seperti orientasi objek , pola desain dan debugging .

Meskipun demikian, Anda akan mendapatkan pemahaman dasar tentang JavaScript dengan mempelajari contoh-contoh interaktif di HTML5 Rocks. Tidak perlu lebih dari satu jam untuk mempelajari semua pelajaran tersebut, setelah itu mungkin Anda akan siap untuk beralih ke layanan berbayar seperti Code School atau Tizag.

 

Apa yang dapat Anda lakukan dengan JavaScript?

Anda dapat menggunakan JavaScript untuk berbagai tugas, termasuk membuat antarmuka pengguna (UI), membuat aplikasi web interaktif sampai panggilan AJAX dan lain sebagainya. JavaScript dapat digunakan untuk membuat aplikasi web yang dijalankan di browser tetapi juga dapat dikompilasi menjadi aplikasi mobile untuk platform seperti iOS dan Android. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk memperluas fungsionalitas situs atau aplikasi, dengan memanfaatkan berbagai library dan plugin JavaScript.

Bagikan!