Mau Jualanmu Laris Manis di Marketplace? Lakukan Tips Ini Yuk

Bagikan!

Perkembangan zaman membawa kita pada perkembangan pemasaran online yang kini mulai banyak dipilih dan diminati masyarakat. Ini sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin memulai usaha dengan modal minim, namun jangkauan pasar luas. Tentu saja persaingannya cukup ketat. Kamu perlu mengetahui cara jualan laris manis di marketplace agar daganganmu bisa laku.

Langsung saja simak tips agar jualan online di marketplace bisa laris manis di bawah ini yuk.

  • Pilih Marketplacemu dengan Tepat

Ada banyak marketplace yang kini berkembang di Indonesia. Tiap marketplace pasti memiliki ciri dan kekuatannya sendiri dibidang pemasaran. Misalkan OLX, terkenal dengan produk preloved yang masih layak pakai. Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak merupakan marketplace untuk penjualan retail. JD.id terkenal dengan barang-barang berkualitas yang dijamin ori.

Pilih yang sesuai dengan produk yang ingin kamu jual. Pastikan juga untuk memiliki marketplace yang banyak peminat dan ramai pembeli. Gunakan marketplace pilihanmu dengan maksimal agar penjualanmu pun bisa maksimal.

  • Cari Marketplace yang Aktif Memberi Promo

Fokus utama dalam penjualan tentunya menarik pembeli dan menciptakan deal penjualan sebanyak mungkin. Jika suatu marketplace sering memberikan promo, maka secara tidak langsung akan menarik para konsumen untuk datang. Banyak fitur promo yang biasa digunakan. Misalnya, diskon produk, cashback, poin pembelian, gratis ongkir dan lain sebagainya.

Konsumen tentu juga ingin mendapatkan keuntungan jika membeli sebuah produk. Manfaatkanlah kesempatan tersebut. Tenang, walaupun sebuah marketplace mengadakan promo, dana yang masuk ke rekeningmu pun jumlahnya akan tetap, kecuali ada perjanjian khusus antara kamu dan marketplace. Jadi, kamu tetap akan untung.

  • Gunakan Nama Toko dan Logo yang Menarik, Unik dan Mudah Diingat
Baca juga:  Papan Bunga di Tabanan

Fungsi utama dari nama dan logo toko adalah agar konsumen mudah mengingat dan mengenali toko online milikmu. Tentu di marketplace akan banyak bertebaran nama toko dari para pesaingmu. Oleh karena itu, perlu ciri khas agar gampang diingat dan dikenali. Nama toko juga bisa disesuaikan dengan apa yang kamu jual.

Buat pula logo yang menarik, unik namun simpel, sehingga orang akan mudah melihat dan mengingatnya. Pastikan pula logomu nampak profesional walaupun simpel, karena sebuah logo bisa membawa kepercayaan pada konsumenmu.

Manfaatkan pula warna yang mencolok, misalkan kuning atau merah. Kamu bisa juga menggunakan warna yang unik, misalkan baby pink, tosca, emerald green dan lain sebagainya. Fungsinya tentu agar konsumen tertarik.

  • Perhatikan Tampilan Produkmu

Hal pertama yang akan calon konsumen lihat saat mencari produk yang akan mereka beli adalah foto produk dan deskripsi. Buatlah foto produk yang jernih dan menarik serta deskripsikan dengan sedikit niat agar konsumen tak langsung lari karena foto yang kamu tampilkan tak menarik.

Kategori juga merupakan hal yang penting agar konsumen mudah dan efisien dalam mencari produk yang mereka inginkan. Tentu kamu tak mau kan konsumen tak jadi beli karena terlalu banyak produk di tokomu yang tidak disortir dengan rapi sesuai kategori. Berikan kesan kepada konsumen bahwa tokomu benar-benar kamu kelola dengan profesional.

  • Manfaatkan Database

Jika kamu memilih berjualan di marketplace, database akan dengan mudah bisa kamu dapatkan. Manfaatkanlah untuk memberikan promo secara broadcast yang pernah bertransaksi denganmu. Ini bisa sangat menguntungkan sebagai pancingan bagi konsumen, karena konsumen kebanyakan akan berbelanja di beberapa tempat, sehingga bisa saja mereka lupa akan tokomu.

  • Berikan Harga yang Bersaing
Baca juga:  Bunga Ucapan di Gianyar

Pesaing di marketplace tentu akan sangat banyak. Persaingan harga pun pasti terjadi dengan sangat ketat. Konsumen tentu akan beralih jika menemukan harga yang lebih terjangkau.

Tak harus memberikan harga yang paling rendah. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kualitas produk yang ada di tokomu. Pastikan saja harganya bersaing dengan produk serupa yang memiliki kualitas sama dengan produk milikmu.

  • Fast Respon

Konsumen pastinya akan senang jika kamu bisa melayani kebutuhan yang mereka cari dengan cepat dan baik. Konsumen bisa saja akan memilih membeli di tokomu walaupun di toko lain harganya lebih murah karena pelayanan yang kamu berikan cukup baik.

Jadi, sebaiknya kamu cepat merespon mereka agar mereka tak mencari toko lain yang lebih fast respon. Kamu bisa memberikan jam pelayanan toko sebagai solusi, misalkan jam buka tokomu dari pukul 8 pagi hingga 9 malam. Pada jam tersebut, kamu harus konsisten membalas pertanyaan konsumen agar terjadi deal pembelian.

 

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba agar toko onlinemu bisa laris manis. Manfaatkanlah kepopuleran marketplace dengan baik untuk mengembangkan usahamu. Jangan sampai kamu telat memulai agar tak terlampau jauh dengan toko online lain di marketplace yang semakin bertambah dan berkembang.

Bagikan!