Masyarakat Madani dan Cirinya

Bagikan!

Kali ini kita akan membahas mengenai masyarakat madani. Jika kita mendengar istilah madani tentu yang ada di pikiran kita semua tentu sebuah nama atau julukan untuk penduduk Madinah. Karena dari namanya saja sudah terlihat ke arab-araban.

Nah sebenarnya apa sih masyarakat madani itu?? Langsung saja yuk kita bahas penjelasannya sebagai berikut:

Masyarakat Madani dan Cirinya

Madani adalah suatu julukan atau istilah yang digunakan oleh cendekia muslim modern Indonesia yang ada pada kota jazirah Arab yakni kota Madinah.

Masyarakat Madani

Masyarakat madani adalah masyarakat yang sangat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan serta mampu memahami secara benar terhadap perkembangan ilmu.

Asal kata istilah dari "madani" adalah "madinah" yang memiliki arti peradaban. Namun jika dalam bahasa inggris istilah "madani" itu civilized atau civil society yang artinya masyarakat sipil.

Pengertian Madani Menurut Para Ahli:

Syamsudin Haris

Masyarakat madani adalah suatu bentuk ruang lingkup sosial yang terlepas dari pengaruh negara dan masyarakat madani ini tersusun tidak jauh dari kita-kita ini seperti keluarga, organisasi masyarakat dan lain sebagainya.

Ernest Gellner

Masyarakat madani merupakan bentuk masyarakat yang terdiri dari institusi non-pemerintah otonom, selain itu juga masyarakat madani sangat kuat dalam menyeimbangkan negara.

Ciri – Ciri Masyarakat Madani

Ada banyak sekali ciri dari masyarakat madani, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Masyarakat madani memiliki kemandirian yang kuat, dan juga kedaulatan dari masyarakat yang dijadikan suatu kekuatan yang dapat mengontrol kekuasaan negara.

2. Mempunyai nilai dan aturan tersendiri yang mesti dipatuhi oleh masyarakat.

3. Masyarakat madani  memiliki gerakan-gerakan perlindungan sebagai hak warga negara dan juga untuk kaum minoritas serta kekerasan.

4. Masyarakat madani memiliki suatu bentuk perkumpulan yang berbasis agama, budaya, suku. Selain itu mereka juga lebih cenderung sangat membela hak – hak bersama.

Baca juga:  Kisi Kisi Materi Matematika SBMPTN 2020

5. Adanya suatu perkumpulan yang begitu sangat bermanfaat dalam artian sangat produktif. Terutama bagi para pedagang.

6. Adanya suatu bentuk pengelompokkan terhadap warga dalam suatu bidang seperti produksi baik itu ide, informasi publik, dan lain-lainnya.

Sumber Lengkap: https://www.pendidik.co.id/

Itulah ulasan mengenai Masyarakat Madani dan Cirinya. Semoga bermanfaat. Terimakasih šŸ™‚

Bagikan!