Masih Suka Rebahan? Waspadai Dampak Buruk Akibat Keseringan Rebahan!

Siapa sih yang nggak suka rebahan? Sebagian besar orang pasti suka rebahan. Terutama ketika tubuh sudah sangat lelah, bawaannya pengen rebahan aja. Fungsi dari rebahan ini awalnya untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah sehabis melakukan rutinitas kegiatan yang begitu padat.

Namun nyatanya saat ini banyak orang yang memanfaatkan rebahan hanya untuk bermalas-malasan saja. Meskipun menyenangkan, terus-terusan rebahan itu ternyata tidak baik lho! Terlalu sering rebahan membuat tubuh jadi kurang gerak sehingga dampak buruk pun bisa muncul kapan saja. Lalu apa sajakah dampak buruk yang timbul akibat terlalu sering rebahan? Berikut jawabannya.

Punggung bagian bawah terasa nyeri dan pegal-pegal

Dampak buruk pertama yang seringkali muncul akibat keseringan rebahan adalah rasa nyeri dan pegal pada punggung bagian bawah. Jika sepanjang hari hanya dihabiskan dengan rebahan, kekuatan otot pun akan hilang sebanyak satu persen. Bayangkan deh berapa persen kekuatan otot kita yang hilang akibat keseringan rebahan. Kekuatan otot yang hilang akibat kurangnya gerak akan menimbulkan rasa nyeri dan pegal-pegal pada punggung bagian bawah.

Masih Suka Rebahan? Waspadai Dampak Buruk Akibat Keseringan Rebahan!

Hilangnya konsentrasi

Terlalu sering rebahan akan membuat paru-paru menjadi terhimpit sehingga tubuh pun hanya mendapat sedikit oksigen. Ketidakcukupan suplai oksigen yang dikirim ke otak bisa membuat seseorang yang sering rebahan kehilangan konsentrasinya sehingga sulit untuk fokus.

 

Mudah depresi dan cemas

Biasanya orang-orang memilih untuk rebahan karena mereka malas melakukan kegiatan ataupun merasa tidak mood. Padahal melakukan kegiatan kan bisa mengembalikan mood yang hilang. Jika kamu terus-terusan rebahan, suasana hatimu bisa semakin berantakan  sehingga menimbulkan depresi dan rasa cemas yang berlebihan.

 

Menimbulkan penyakit obesitas

Hal mengejutkan yang harus kamu ketahui akibat keseringan rebahan ialah munculnya penyakit obesitas. Rebahan dalam jangka waktu panjang akan membuat tubuh mengalami penambahan berat badan. Hal itulah yang dapat memicu timbulnya penyakit obesitas.

 

Menimbulkan penyakit jantung

Terlalu sering rebahan akan membuat jantung lebih banyak memompa darah sehingga membuat detak jantung terasa lebih cepat. Akibatnya, aliran darah terhadap proses penyaluran oksigen ke seluruh tubuh pun terganggu. Hal seperti ini yang malah semakin meningkatkan resiko  terkena penyakit jantung.

Itulah beberapa dampak buruk yang timbul karena terlalu sering rebahan. Rebahan boleh-boleh saja kok, asalkan jangan keseringan karena yang berlebihan itu tidaklah baik. Dapatkan tips kesehatan lainnya  https://synergyofficial.co.id/.Semoga informasinya bisa bermanfaat untuk kita semua!