Kisi Kisi Materi Matematika SBMPTN 2020

Bagi Anda yang telah lulus SMA dan berniat mengikuti tes SBMPTN. Hal pertama yang harus dilakukan adalah belajar. Pembelajaran dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu membaca, menulis dan berlatih soal. ketiganya memiliki posisi yang sangat penting. Apalagi soal SBMPTN tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Di bawah ini adalah kisi SBMPTN 2020 yang dapat Anda pelajari terutama pada bagian matematika yang sering menjadi momok.

Kisi-kisi SBMPTN Terlengkap 2020

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana kisi-kisi dari SBMPTN 2020, Anda harus memahami mata pelajaran apa yang akan diuji. Karena SBMPTN terdiri dari 3 kelompok yaitu soshum, ilmu pengetahuan dan campuran. Kemudian mata pelajaran yang diuji juga berbeda.

Untuk kelompok soshum (sosial dan humaniora), apa yang diuji adalah tentang matematika dasar soshum, sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah. Kelompok tes ini dilakukan oleh peserta yang memilih program studi Soshum. Seperti akuntansi, manajemen, geografi, sosiologi dll.

Sedangkan kelompok sains (sains dan teknologi) yang diuji adalah matematika dasar sains, biologi, fisika, kimia. Program studi seperti kimia murni, matematika, teknologi pertanian dan banyak lainnya diambil.

Pertanyaan SBMPTN 2019 terdiri dari tiga jenis. Pertama, Tes Potensi Akademik (TPA) mencakup Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika Dasar, Verbal, Numerik dan Fingural. Kedua, Tes Kompetensi Dasar (TKD) adalah setiap kelompok ujian seperti dijelaskan di atas. Ditambah dengan tes keterampilan ketika memilih program studi yang berkaitan dengan seni dan olahraga. Banyaknya bidang matematika yang diujikan maka anda setidaknya bisa focus pada matematika untuk menambah peluang lolos SBMPTN 2020.

Kisi-kisi untuk Tes Bidang Studi Dasar

Mata pelajaran bahasa Indonesia meliputi pragmatik, karya ilmiah, ejaan, wacana, morfologi, dan sintaksis. Sedangkan untuk mata pelajaran bahasa Inggris termasuk bacaan yang lebih panjang. Matematika dasar seperti ketimpangan, ruang lingkup, persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, program linear, matriks, statistik trigonometri dan lain-lain. Kisi-kisi untuk soal SBMPTN matematika dasar bisa dibilang lebih dari yang lain.

Kisi-kisi untuk TKD Saintek

Kisi-kisi biologinya adalah reproduksi, metabolisme, histologi hewan dan tumbuhan, bioteknologi dan genetika. Fisika yaitu suara, dualisme gelombang partikel, gravitasi, magnet, listrik dinamis, implus dan nomentum.

Adapun soal SBMPTN matematika IPA, yang sering keluar adalah batas dan diferensial, trigonometri, statistik, eksponen dan logaritma, urutan dan urutan, dan matriks. Untuk kisi-kisi kimia, yaitu struktur atom, hukum dasar kimia, hidrolisis garam, pH asam-basa, konsep persamaan dan konsep mol, jumlah bahan kimia, koloid, dan identifikasi senyawa karbon.

Cara Belajar yang Efektif dan Efisien

Cara belajar juga Anda perlu meningkatkan. Untuk mencakup semua kotak yang disebutkan di atas. Selain harus rutin, pembelajaran juga harus efektif dan efisien.

Memahami Konsep Dengan Mendalam

Mayoritas siswa di Indonesia belajar cara menghafal. Tidak mengerti konsepnya. Memang benar bahwa menghafal lebih cepat dan efektif. Tetapi ini efektif yang tidak benar, misalnya Anda belajar 3 menit, 30 menit kemudian sudah lupa.

Karena itu, lebih baik untuk memahami konsep sepenuhnya. Bukan dengan menghafal. Meski memahami konsep butuh sedikit lebih lama dibandingkan dengan menghafal. Tetapi ini lebih efektif karena tidak mengulangi pelajaran dua kali.

Fokus Dengan Satu Materi Dulu

Pelajari satu materi terlebih dahulu untuk menyelesaikan. Kemudian pindah saja ke materi selanjutnya. Jangan setengah-setengah, karena sesuatu yang dilakukan dengan setengah-setengah tidak akan tercapai.

Menerapkan Sistem Target Saat Belajar

Selanjutnya adalah belajar dengan sistem target. Artinya, Anda harus memiliki tenggat waktu harian, mingguan, atau bulanan untuk mengukur sejauh mana Anda telah belajar. Selain itu, ketika mempraktekkan masalah Anda juga harus menentukan berapa banyak pertanyaan yang harus dijawab dengan benar sehingga skor atau skor tersebut cukup untuk lulus SBMPTN.

Selalu Mencatat Poin yang Penting

Selanjutnya perhatikan poin-poin penting. Survei membuktikan bahwa dengan membuat catatan seseorang akan memahami pelajaran lebih baik daripada tidak mencatat. Karena itu, perhatikan poin mana yang menurut Anda penting dan dapat dipelajari lagi.

Mengikuti Kisi-kisi Dari Berbagai Sumber

Agar pembelajaran Anda menjadi efektif dan tidak perlu membuang banyak waktu mempelajari semua materi yang diajarkan saat di sekolah, kuti terus panduan yang ada di kisi-kisi. Karena bisa jadi bahan yang tidak keluar sama sekali.

Belajar Dengan Edutore by Gramedia

Edutore adalah platform pendidikan online yang dikembangkan oleh Gramedia. Kehadiran Edutore membuat belajar lebih mudah, lebih lengkap, dan menyenangkan. Cara kerja aplikasi Edutore dikembangkan untuk membuat belajar menjadi lebih ringan dan lebih menyenangkan, seolah-olah bermain game. ada soal matematika, materi biologi kelas 10, dan soal biologi kelas 11.