Kiat-kiat Cara Mendaftar SBMPTN

Bagikan!

Kiat-kiat Cara Mendaftar SBMPTN. Tidak terasa sebentar lagi universitas akan membuka kembali Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang akan selalu dilaksanakan dari tahun ke tahun. Seleksi yang dikenal akan kesulitan soalnya ini membuat para calon mahasiswa rela berlomba-lomba untuk mempersiapkan ujian ini dengan sebaik-baiknya. Ada yang dengan melakukan pembelajaran secara otodidak dan juga mendaftarkan diri kepada tempat bimbel ternama. Terlebih lagi bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke universitas top 3 diharuskan memiliki nilai UTBK yang tinggi. 

Namun, untuk bisa mengikuti SBMPTN kita diharuskan terlebih dahulu untuk mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Ujian yang dilaksanakan dengan sistem keamanan yang tepat dan berbasis komputer ini akan diselenggarakan oleh pihak yang bernama LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Oleh karena itu agar bisa menambah pengetahuan Anda secara mendalam, berikut kami akan memberikan ulasan mengenai kiat-kiat mendaftar SBMPTN. Berikut ulasannya!

Membuat Akun di LTMPT

Cara mendaftar SBMPTN yang pertama adalah membuat akun SBMPTN. Hal ini merupakan tahapan wajib yang harus dilakukan. Para calon mahasiswa dapat mengisi biodata secara lengkap dengan pas foto formal. Dalam memasukkan foto, perlu diperhatikan baik-baik mengenai background, pakaian serta penampilan. Jangan sampai data diri dan foto yang dimasukkan salah dan tidak memenuhi kriteria, karena hal tersebut akan selalu diperiksa oleh LTMPT untuk proses seleksi. Perlu diingat bahwa hal kecil seperti hal ini tidak boleh disepelekan karena akan berdampak besar terhadap hasil seleksi.

Memilih Jurusan dan Universitas

Seperti yang diulas pada goKampus.com, tahapan selanjutnya adalah memilih jurusan dan universitas. Sangat disarankan untuk memikirkan hal ini dari jauh-jauh hari dan tidak asal memilih jurusan saja. Karena perjalanan di perkuliahan sangatlah panjang selama 4 tahun, jangan sampai Anda menyesal dan tidak bisa mengulang masa lalu. Faktanya banyak sekali mahasiswa yang merasa salah jurusan di tengah perjalanan sehingga mengakibatkan mereka tidak semangat dan kuliah dengan bermalas-malasan.

Baca juga:  Sesiap Apakah Guru di Indonesia Dengan Pendidikan Inklusi?

Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda serta prospek kerja yang menjanjikan. Ada baiknya untuk mensurvey terlebih dahulu universitas dan jurusan yang ingin Anda pilih. Anda bisa melakukan tes minat bakat dan jurusan agar bisa menggali potensi diri Anda secara lebih lanjut.

Membayar Biaya SBMPTN

Cara mendaftar SBMPTN yang ketiga adalah melakukan pembayaran biaya pendaftaran berkisar 150-300 ribu tergantung dari jenis ujian yang Anda ambil. Jenis ujian terdiri atas saintek, soshum dan campuran serta TPS. Anda harus memilih dengan sebaik-baiknya  yang sesuai dengan jurusan Anda. Biaya tersebut dapat Anda bayarkan melalui bank seperti BCA, BRI, Mandiri atau melalui M-Banking. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran, untuk diperlukan di kemudian hari jika dibutuhkan saat upload dokumen.

Mengikuti UTBK Agar Mendapat Skor

Tahapan terakhir adalah mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) Persiapkan diri Anda sebaik-baiknya agar bisa memperoleh skor terbaik supaya Anda bisa memasuki universitas impian Anda. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta restu dari orang tua agar hasilnya maksimal. Sebagai saran, ada baiknya untuk menyiapkan diri dari jauh-jauh hari baik fisik maupun mental. Semua itu dilakukan agar saat melaksanakan ujian berjalan dengan lancar dan Anda berkonsentrasi dalam mengerjakannya.

Itulah beberapa kiat-kiat cara mendaftar SBMPTN yang dapat Anda lakukan saat ingin mendaftarkan diri di perguruan tinggi. Tetap semangat dan ikuti semua alurnya dengan seksama. Bila ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk menghubungi call center dari LTMPT atau membuka laman website goKampus agar bisa mendapatkan informasi secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Bagikan!