Kerusakan Lingkungan Akibat Faktor Alam

Bagikan!

Menurut Ahmad (1897) berpendapat bahwa lingkungan adalah satu kesatuan dengan kehidupan. Menurutnya lagi lingkungan hidup merupakan suatu sistem kehidupan di mana terdapat campur tangan manusia.

Namun lingkungan sendiri dapat mengalami kerusakan sewaktu – waktu hal tersebut biasanya terjadi karena adanya beberapa faktor yang menyebabkan. Entah itu faktor dari alam maupun dari ulah manusia itu sendiri.

kerusakan lingkungan akibat faktor alam

Sebenarnya ada beberapa kejadian alam yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan di sekitar kita. Misalnya kerusakan lingkungan akibat bencana alam banjir yang menyebabkan air tercemar dan juga kerusakan lingkungan akibat terjadinya gempa bumi yang mengakibatkan ribuan rumah hancur, pohon tumbang, maupun korban jiwa.

Namun meskipun demikian kita tetap harus selalu menjaga lingkungan yang ada di sekitar kita dengan baik dan terawat agar tetap selalu bisa dimanfaatkan bagi kita maupun generasi yang akan datang.

Kali ini saya akan membahas mengenai beberapa kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh faktor alam. Apa saja sih kerusakan yang disebabkan? Simak data di bawah ini untuk mengetahui beberapa kerusakan lingkungan akibat faktor alam.

Kerusakan Lingkungan Akibat Faktor Alam

  1. Kerusakan lingkungan akibat banjir

Banjir adalah dimana lingkungan atau tempat yang kita tinggali ini terendam oleh air secara berlebihan. Biasanya banjir disebabkan oleh tidak adanya tempat resapan untuk air hujan maupun tidak adanya saluran air atau sungai untuk mengalirkan air hujan yang turun.

Untuk kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh banjir adalah pencemaran air, masalah kesehatan, tumbuhan yang tidak tahan air akan perlahan mulai mati, selain itu juga dapat menyebabkan korban jiwa dan bencana susulan seperti tanah longsor.

Selain itu kamu juga bisa membaca informasi mengenai tentang pencegahan banjir ataupun tanah longsor dengan mengunjungi https://alamalami.com/ lho.

Baca juga:  Cara Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dengan Mudah Supaya Bernilai Ekonomis

2. Kerusakan lingkungan akibat gempa bumi

Gempa bumi adalah dimana getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismic. Gempa bumi sendiri tidak dapat kita prediksi terjadinya kapan akan tetapi dapat kita minmalisir dengan adanya kerugian material maupun jatuhnya korban jiwa.

Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh gempa bumi adalah seperti rusaknya bangunan, krisis air bersih, udara yang tercemar, bergesernya tanah dan bebatuan selain itu juga dapat mengakibatkan terjadinya korban jiwa pada manusia, hewan maupun tumbuhan.

3. Kerusakan lingkungan akibat tsunami

Siapa sih yang tidak mengerti bencana tsunami ini. Tsunami sendiri merupakan bencana yang terjadi karena adanya gelombang besar di laut yang disebabkan oleh adanya gangguan di dasar laut.

Tsunami merupakan salah satu bencana paling mengerikan contohnya seperti bencana tsunami yang terjadi di aceh pada tahun 2004 itu yang menelan ribuan korban jiwa entah itu dari manusia maupun hewan.

Kerusakan yang diakibatkan oleh tsunami sendiri adalah seperti rusaknya bangunan, rusaknya terumbu karang yang ada di laut dan juga memakan korban jiwa, selain itu juga merusak tumbuhan yang ada di lingkungan tsunami itu sendiri.

4. Kerusakan lingkungan akibat gunung meletus

Nah untuk yang terakhir adalah kerusakan yang di sebabkan oleh gunung meletus. Gunung meletus sendiri adalah di mana peristwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.

Kerusakan apa saja sih yang disebabkan oleh gunung meletus? Salah satu kerusakan lingkungan yang disebabkan adalah hujan abu vulkanik yang dapat menyebabkan pencemaran udara, batuan dan kerikil yang dilemparkan gunung meletus dapat mengakibatkan rusaknya bangunan di sekitarnya.

Baca juga:  Jangan Anggap Sepele, Ini Dia Bahaya Menumpuk Sampah Plastik

Nah itu dia beberapa kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh faktor alam semua informasi yang kami buat ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu ya.

Bagikan!