Inilah Cara Mencegah Jerawat Mucul Kembali

Bagikan!

Baik kamu pernah mengalami masalah jerawat atau bahkan belum mengalami masalah jerawat, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mencegah jerawat.

obat jerawat paling ampuh

Sebagaimana pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Mencegah itu seharusnya menjadi aktivitas kebiasaan yang kita lakukan.

Berikut ini beberapa cara mencegah munculnya jerawat:

1. Menjaga kebersihan wajah

Biasakan untuk selalu menjaga wajah tetap bersih dengan membasuhnya setidaknya 2 kali sehari dan menggunakan sabun wajah yang cocok untuk kulit kamu. Basuhlah wajah dengan lembut kemudian bilas dengan menggunakan air mengalir.

Setelah itu keringkan wajah dengan kain lembut dengan cara menepuk-nepuk bagian wajah dengan handuk secara perlahan sampai kering.

2. Gunakan pelembab kulit

Kulit kering sering kali menjadi penyebab timbulnya masalah kulit diantaranya adalah masalah jerawat. Jadi pastikan kamu menggunakan pelembab kulit setelah mandi. Dengan menggunakan pelembab kulit, kulit akan terasa lembut, kenyal dan kencang.

Pilihlah produk noncomedogenic atau yang dapat digunakan sekaligus untuk menghilangkan jerawat. Terdapat beberapa jenis pelembab kulit berdasarkan jenis kulit diantaranya untuk kulit kering, berminyak atau untuk jenis kulit kombinasi.

3. Hindari makeup tebal

Menggunakan riasan atau make up tebal dapat menutupi pori-pori kulit dan juga dapat menyebabkan produksi minyak menjadi berlebih. Jika memang harus menggunakan make up, jangan gunakan secara berlebihan. Dan biasakan untuk membersihkan make up sebelum tidur.

Pilihan make up juga sangat mempengaruhi kulit, maka biasakan untuk memilih make up yang cocok untuk kulit kamu.

4. Selektif dalam memilih obat dan perawatan wajah

Misalnya saat memilih obat jerawat paling ampuh, kamu mungkin melihat obat jerawat mengandung asam laktat, asam salisilat, benzoil peroksida, atau asam glikolat, karena beberapa bahan ini cocok untuk menghilangkan jerawat, melawan bakteri namun efeknya adalah kulit menjadi kering.

Baca juga:  Kamu Wajib Tahu Ini! 4 Kesahalan yang Sering Dilakukan Ketika Memakai Lipstik

Obat-obatan yang kamu minum juga harus diperhatikan, jika obat-obatan tersebut mempengaruhi hormon, ada kemungkinan jerawat dapat tumbuh nantinya.

Untuk mengetahui mana yang cocok untuk kamu dan mana yang tidak, sebaiknya konsultasikanlah ke doker kulit.

Bagikan!