Inilah 8 Manfaat Ikan Gurame Bagi Ibu Hamil dan Janin

Bagikan!

Ibu Hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk janin. Salah satunya seperti ikan, karena ikan yang banyak mengandung protein dan zat besi sangat mempengaruhi tumbuh kembang sang anak.

Manfaat Ikan Gurame Untuk Ibu Hamil

 

Dari beberapa jenis ikan yang disarankan, salah satunya ialah ikan gurame. Selain ikan gurame mudah dibudidayakan seperti yang ditulis di dalam blog hewan ini, ia juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi ibu hamil loh.

Apa saja sih manfaatnya? Simak pembahasannya dibawah ini ya!

manfaat ikan gurame

1. Dapat Mencegah Anemia

Biasanya beberapa ibu hamil akan mengalami anemia, hal ini dikarenakan sel darah merah yang juga mengalir ke janin mereka. Nah, ikan gurame ini banyak sekali mengandung protein dan zat besi. Sehingga mampu mengurangi resiko bagi ibu hamil.

2. Menurunkan Resiko Keguguran

Ternyata ikan gurame ini mengandung DHA, yang fungsinya mencegah terjadinya kontraksi dini bagi ibu hamil yang memasuki trimester pertama kehamilan. Dengan mengkonsumis ikan gurame, diharapkan dapat mengurangi risiko keguguran pada ibu hamil.

3. Meningkatkan Kualitas Otak Janin

Manfaat lain dari ikan gurame yaitu banyak sekali mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu perkembangan sistem saraf otak janin.

4. Menjaga Jantung Ibu Hamil

Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan 2 sampai 3 setiap minggu. Mengkonsumsi ikan secara rutin dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Namun akan lebih baik jika ikan diolah dengan cara yang baik seperti dibuat sup, dibakar, atau dipanggang.

5. Menjaga Berat Badan

Saat hamil biasanya akan mengalami kenaikan berat  badan yang sangat drastis. Nah, ikan gurame ini memiliki kandungan protein yang dapat mengendalikan berat badan ibu hamil loh.

Baca juga:  Masih Suka Rebahan? Waspadai Dampak Buruk Akibat Keseringan Rebahan!

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Sering kali ibu hamil akan mengalami masalah pada kulit mereka yang bisa disebabkan karena perubahan hormon. Ikan gurame ini  juga mengandung vitamin E dan protein yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. 

7. Membantu Mengganti Sel-sel Yang Rusak

Setiap hari sel-sel kita dapat mengalami kerusakan, tentu hal ini bisa berbahaya dan harus cepat diatasi. Ibu hamil yang mengkonsumsi ikan gurame, dapat membantu mengganti sel-sel yang rusak. Selain itu kebutuhan protein hariannya dapat terpenuhi.

8. Sebagai Sumber Energi

Selain mengandung protein yang tinggi, ikan gurame juga mengandung asam amino yang berfungsi sebagai pengganti energi dalam tubuh. Gurame juga menjadi sumber karbohidrat dan lemak yang sehat.

Nah, itulah 8 manfaat ikan gurame untuk ibu hamil dan janin. Sebagus apapun makanan tersebut, alangkah lebih baik untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang masih wajar dan dikelola dengan baik. Semoga artikel ini dapat membantu. Terimakasih šŸ™‚

 

Bagikan!