Ingin Paru-Paru Lebih Sehat Dan Pernapasan Lebih Lancar, Konsumsi Makanan Sehat Ini

Organ paru-paru menjadi salah satu organ yang cukup vital di dalam tubuh, mengingat fungsi sebagai sistem pernapasan. Namun sayangnya, polusi udara yang semakin meningkatkan akibat asap kendaraan dan rokok yang membuat kualitas udara semakin menurun. Dan pastinya ini bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru. Seringkali banyak orang menganggap remeh ini, padahal polusi yang masuk dan mengendap di dalam paru-paru bisa memicu berbagai penyakit berbahaya. Mulai dari asma, radang paru-paru, hingga kanker paru. 

Agar terhindar dari resiko tersebut, penting rasanya untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi yang dapat membantu mengoptimalkan kerja dan kesehatan organ paru-paru anda. Mulai dari buah hingga protein dibawah ini dapat membantu paru-paru lebih sehat serta pernapasan jadi lebih lancar. 

Makanan Yang Baik Untuk Paru-Paru

1. Ikan dan Asam Lemak Omega-3

makanan untuk paru paru
Ikan menjadi salah satu jenis makanan yang membantu mengurangi resiko penyakit paru-paru kronis. Ikan-ikanan yang berasal dari laut, seperti ikan salmon misalnya memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bekerja memberseihkan bakteri penyebab peradangan paru. Seperti penjelasan professor Fakultas Kedokteran University of Rochester, menguji coba asam lemak omega-3 kepada tikus dimana hasilnya memperlihatkan jika kandungan tersebut membantu meningkatkan fungsi paru.

Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk bisa memahami bagaimana kerja dan manfaat senyawa ini untuk kesehatan tubuh, termasuk organ paru. 

2. Wortel

Kandungan zat karotenoid di dalam wortel memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan paru-paru. Selain itu, zat ini juga ampuh membersihkan paru-paru, terutama paru-paru perokok aktif, meringankan gejala asma, serta mengurangi resiko terkena kanker paru. Bukan hanya wortel, namun jenis sayuran lainnya yang mengandung karotenoid seperti bayam, tomat, dan ubi jalar juga direkomendasikan. 

3. Alpukat

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini, kaya akan manfaat baiknya untuk kesehatan termasuk untuk kesehatan organ paru-paru. Kandungan asam folat di dalam alpukat cukup tinggi yang membuatnya sangat berkhasiat melindungi paru-paru dari bahaya kanker. Bukan hanya menyehatkan, namun alpukat juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena asam folatnya yang membantu tumbuh kembang janin di dalam rahim.

Bagi anda atau anak anda yang suka dengan buah yang satu ini jangan hawatir. Saat ini ada banyak sekali jenis alpukat unggul yang bisa anda dapatkan.Selain alpukat masih banyak makanan dengan kandungan asam folat tinggi seperti asparagus dan jeruk yang baik dikonsumsi untuk kesehatan paru-paru. 

4. Buah Bit

Sama halnya seperti buah alpukat, buah bit memiliki kandungan asam folat yang tinggi yang baik untuk kesehatan paru-paru. Buah berwaarna merah ini jika dikonsumsi setiap hari akan membantu melindungi paru-paru dari bahaya kanker, memaksimalkan suplay darah menuju paru-paru serta membuang racun. Selain itu buah bit juga memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan, kandungan kedua zat ini sangat membantu memaksimalkan kerja paru-paru. 

5. Brokoli

Sayuran hijau ini sudah dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. salah satunya yaitu menjaga agar organ paru-paru tetap sehat dan sistem pernapasan jadi lancar. Kandungan yang kaya akan antioksidan efektif membuang racun yang mengendap dalam paru-paru akibat terpapar polusi dan zat kimia. Anda bisa menyisipkan brokoli ke dalam menu sehari hari sehingga menjaga agar paru-paru tetap terjaga kesehatannya. 

6. Buah Berry

Kelompok buah-buahan berry seperti strawberry, raspberry, blackberry, dan blueberry bisa dikatakan menjadi makanan super yang sangat baik bagi kesehatan paru-paru. Kandungan antioksidan, karotenoid, flavonoid, zeaxanthin dan lutein yang cukup tinggi dan jika dikonsumsi rutin diklaim dapat mengeluarkan zat karsinogen di dalam paru-paru. Bukan hanya itu, kombinasi kandungan tersebut bisa meringankan infeksi paru-paru serta mencegah terkena kanker. 

Buah berry ini sebenrnya ada banyak sekali jenisnya. Bisa anda pilih sesuai selera anda, teruma jenis buah berry dari bibit unggul yang banyak ditanam didaerah dataran tinggi.

7. Teh Hijau

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi memiliki peranan dalam membantu mnejaga kesehatan jantung dan paru-paru. Antioksidan dipercaya melindungi dari bahaya kanker serta mengeluarkan cairan dari dalam paru-paru. Selain itu kandungan ini pun juga terbukti melinggarkan lendir dari dalam lapisan paru-paru serta bersifat antimikroba.

8. Yoghurt

Tidak hanya buah dan sayur saja, makanan terbaik lainnya untuk menjaga kesehtaan paru-paru adalah yoghurt. Banyak yang mengatakan jika produk susu, seperti yoghurt malah dapat meningkatkan produksi lendir dalam tubuh, apakah itu benar?

Faktanya di tahun 2013 terdapat penelitian mengenai manfaat yoghurt untuk sistem pernapasan manusia. penelitian ini dilakukan oleh 46 perenang wanita dengan hasil yang menunjukkan jika terdapat pengurangan resiko infeksi paru-paru yang seringkali diderita perenang. 

Makanan-makanan sehat diatas bisa anda masukkan ke dalam menu makanan sehari hari untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selain itu olahraga rutin dan menjauhi rokok juga penting untuk dilakukan sehingga paru-paru terhindar dari resiko penyakit berbahaya. 

Sumber:
https://www.idntimes.com/health/fitness/ahmad-sopandi/10-makanan-ini-manfaatnya-bikin-sehat-paru-paru-konsumsi-rutin-ya-c1c2/full
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/makanan-pembersih-paru-paru/
https://kumparan.com/kumparanfood/konsumsi-10-makana+n-ini-untuk-paru-paru-yang-lebih-sehat
https://www.bibitbuahku.com/bibit-buah/alpukat