HandBrake, Aplikasi Gratis Untuk Memperkecil Ukuran Video

Bagikan!

Saat ini telah tersedia beragam jenis kamera yang mampu merekam video hingga resolusi 4K, bahkan beberapa kamera hp flagship dari beragam brand. Dengan resolusi video yang semakin tinggi, tentu saja ukuran file yang dihasilkan menjadi semakin besar. Padahal file tersebut masih bisa dikatakan mentah, karena masih belum melalui beragam proses editing.

Setelah melalui proses editing, ukuran file akan semakin bertambah besar. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti penggunaan efek pada video, dan mungkin penggunaan plugin lainnya.

Untuk mengatasi ukuran file yang besar, dapat dilakukan dengan beberapa opsi, seperti halnya dengan cara memotong video. Kamu bisa membuang bagian video yang dapat dihilangkan dan tentunya tidak mengganggu jalan cerita dari video yang dibuat. Sayangnya, jika kamu telah membuang bagian video yang tidak diinginkan, namun ukuran video tetap saja besar, maka kamu harus melakukan opsi lainnya.

HandBrake

Salah satu alternatif untuk mengecilkan ukuran video adalah dengan melakukan proses kompresi. Saat ini sudah tersedia beragam aplikasi yang bisa kamu dapatkan di internet, salah satunya adalah HandBrake. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, ukuran video yang kamu miliki bisa lebih kecil hingga 50 persen.

HandBrake merupakan salah satu aplikasi untuk kompres video yang memiliki fitur cukup lengkap dan didukung dengan user interface yang sangat mudah untuk digunakan. Dalam aplikasi ini, kamu bisa mengatur tingkat kompres video yang ingin dihasilkan. Tentunya ini akan berdampak pada hasil video nantinya, jadi kamu menyesuaikan agar kualitas video tidak menurun.

Selain itu, tidak hanya proses kompres video saja yang kamu bisa lakukan dengan HandBrake. Jika kamu ingin merubah format video, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini. Jadi, tidak butuh aplikasi edit video dengan fitur yang cukup advance. Mengatur size dari video juga dapat dilakukan dengan mudah, cukup mengatur width dari video, maka otomatis size dari video asli akan berubah.

Baca juga:  Fitur Tambahan Aplikasi Facebook Lite Versi Mod

Bagi pemula yang belum mengetahui “racikan” untuk kompresi video dengan ukuran file terkecil tanpa menurunkan kualitas, maka HandBrake juga menyediakan fitur untuk kompres video berdasarkan tujuan dari pengguna. Contohnya saja untuk kebutuhan pemutaran di HP, atau juga bisa mendukung jika ingin kompres video khusus untuk Youtube.

Selanjutnya, bagaimana sih cara untuk menggunakan handbrake di pc? Berikut cara lengkapnya dari situs teknologi.

  1. Pertama, pastikan kamu sudah mendownload dan memasang aplikasi HandBrake. Selanjutnya, buka aplikasi Handbrake.
  2. Setelah Handbrake berhasil terbuka, kamu akan menemukan pilihan “Source Video” dan klik menu tersebut untuk memilih video yang ingin dikompres. Selain itu, kamu juga bisa melakukan drag and drop untuk proses yang lebih cepat.
  3. Selanjutnya, kamu bisa mengatur ukuran kompresi yang diinginkan, atau bisa juga memilih berdasarkan preset yang telah tersedia.
  4. Kamu juga bisa melakukan preview seperti apa hasil video setelah dilakukan proses kompresi. Jika semua dirasa telah oke, maka lanjut pada ketahap selanjutnya.
  5. Pilih lokasi dimana file video yang telah dikompres akan disimpan. Pastikan lokasinya masih memiliki penyimpanan yang cukup ya.
  6. Jika semuanya sudah selesai, maka kamu bisa memilih tombol start untuk memulai proses kompres video.
  7. Tunggu hingga proses selesai. Cek kembali ukuran file dan kualitas video.
  8. Apabila hasil yang diinginkan masih kurang, seperti ukuran file, maka ulangi langkah diatas dan atur kembali kualitas kompres video.

Jadi, tanpa harus memotong video, kamu tetap dapat memiliki video secara full dengan ukuran file yang jauh lebih kecil. Pada lain kesempatan, kami akan membahas beberapa alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengkompres video selain dengan Handbrake.

 

Bagikan!