Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kemasan Makanan 

Bagikan!

Usaha kuliner yang memberikan fasilitas pesan antar atau dapat membungkus makanan. Tentu saja harus memperhatikan penggunaan kemasan untuk jenis makanan tersebut. Tidak hanya untuk kebutuhan usaha tetapi juga penggunaan kemasan agar makanan di rumah lebih aman dan tahan lama. Kemasan adalah wadah yang dimanfaatkan untuk menempatkan bahan makanan, minuman dan lainnya. 

Manfaat kemasan untuk bisnis kuliner 

Terdapat beberapa manfaat kenapa harus menyediakan kemasan untuk usaha kuliner, antara lain:

  • Sebagai sarana promosi 

Fungsi dari kemasan makanan adalah sebagai sarana promosi. Desain kemasan akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pelanggannya. Di samping itu, kemasan makanan merupakan identitas dari usaha kuliner yang dikembangkan. Cantumkan logo dan informasi lainnya agar produk anda tetap dikenal oleh banyak orang. 

Usaha kuliner akan mudah dikenali dengan melihat kemasan makanan yang dimiliki. 

  • Sebagai pelindung makanan 

Hal terpenting dari penggunaan kemasan makanan yaitu untuk melindungi makanan yang efektif. Terutama untuk makanan seperti buah, minuman dan kue. 

  • Sebagai wadah untuk layanan antar pesan 

Fungsi lainnya dari kemasan makanan tentu saja untuk wadah saat melakukan layanan antar pesan. Kemasan harus melindungi makanan agar tidak tumpah, tercampur, bahkan terkontaminasi. Jadi, pelanggan bisa dengan aman mengkonsumsinya. 

Hal yang diperhatikan saat memilih kemasan makanan 

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat anda membeli kemasan produk baik untuk makanan maupun minuman. Pemilihan kemasan juga susah-susah gampang, anda harus memperhatikan keamanan makanan, efektifitas dan lainnya. 

  • Perhatikan keamanan makanan 

Kemasan makanan dapat berbahan dasar kertas, plastik atau lainnya. Penggunaan bahan dasar yang beragam ini membuat anda sulit memilih mana packaging yang aman. Kemasan dengan non-food grade mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga makanan akan terkontaminasi. Keamanan makanan juga dilihat dari kebersihan kemasan. 

  • Mudah dikenali 

Untuk anda yang memiliki usaha kuliner, memilih produk yang mudah dikenal akan lebih baik. Konsumen akan lebih mudah mengingat brand anda. 

  • Desain kemasan 

Visual sangat penting dalam pemilihan bisnis kuliner. Jika kemasan memiliki desain yang indah maka juga secara otomatis akan membuat produk lebih dikenal. Gambar pada kemasan juga mempengaruhi minat beli dari konsumen. Anda banyak komponen yang diperhatikan seperti penggunaan huruf, logo, dan tulisan harus jelas. 

Baca juga:  Kemasan Snack Supernova yang Menggugah Selera

 

Bagikan!