Daftar Pulau yang Akan Tenggelam di Masa Depan

Bagikan!

Tingginya permukaan air laut yang terus bertambah karena pemanasan global membuat banyak pulau terancam tenggelam. Sealevel.com memperlihatkan hasil penelitian terkini yang menunjukan permukaan air laut terus meningkat karena pemanasan global yang terus mencairkan es di kutub selatan. Nah disini kami akan membahas daftar pulau yang terancam akan tenggelam di masa depan.

Pulau Palau

Daftar pertama ada Pulau Palau yang terbukti terus tenggelam ke dasar laut. Sejak tahun 1993 Pulau Palau terus mengalami peningkatan air laut mencapai 0.35 inchi.  Sehingga terlihat dari satelit yang menunjukan daratan Pulau Palau yang terus berkurang dan mulai tertutup oleh air laut.

Pulau Fiji

Dibalik keindahan Pulau Fiji ini terdapat ancaman mencekam yang diprediksi akan menenggelamkan Pulau Fiji dalam beberapa tahun ke depan. Pasalnya akibat pemanasan global yang memperburuk atmosfer Bumi akibatnya air laut terus meningkat menyebabkan Pulau Fiji terus tenggelam ke dasar laut. Bahkan diprediksi Pulau Fiji sudah tenggelam sepenuhnya ke dasar laut pada tahun 2090.

Pulau Solomon

Pulau Solomon juga menjadi salah satu pulau yang akan tenggelam di masa depan. Menurut para ahli sejak tahun 1997 terjadi peningkatan air laut mencapai 8mm setiap tahunnya. Diprediksikan oleh para ahli dengan mencairnya kutub es serta penebangan masal pohon-pohon di Bumi maka Pulau Solomon hanya tinggal memiliki sisa waktu sampai dengan tahun 2085.

Pulau Bali

Mungkin kamu sedikit heran kenapa Pulau Bali masuk kategori daerah yang akan tenggelam di masa depan. Berdasarkan hasil penelitian gogreen.co.uk menunjukan Tanah di Pulau Bali terus menurun setiap tahunnya sebanyak 0,50 CM. Bahkan dari pemerintah setempat belum menunjukan usaha untuk mencegah agar pulau Bali agar tidak tenggelam.

Baca juga:  Kerusakan Lingkungan Akibat Faktor Alam

 

Yang cukup menarik adalah beberapa sumber dari artikel iptek memperlihatkan bagaimana beberapa negara seakan acuh kepada pulau yang akan tenggelam pada negaranya tersebut. Itulah daftar pulau yang akan tenggelam di masa depan. Semoga dengan adanya artikel ini membantu membuka mata para petinggi di negara tersebut agar cepat bertindak untuk mencegah tenggelamnya pulau pulau tersebut.

Bagikan!