Daftar Menu Prasmanan Pernikahan yang Hemat

Bagikan!

Jika Anda menyelenggarakan pernikahan, Anda dapat mengadakannya di rumah atau di gedung. Namun yang perlu dihadirkan adalah menu yang beragam untuk disuguhkan kepada tamu. Anda juga bisa menggelar resepsi pernikahan sederhana atau modern.

Sebagai gambaran, untuk membantu Anda mengetahui menu apa saja yang biasanya tersedia saat hajatan, berikut beberapa contoh menu hajatan yang perlu Anda ketahui.

Daftar Menu Prasmanan Pernikahan

1. Nasi

Nasi merupakan makanan yang wajib tersedia sebagai hidangan utama pada buffet yang meriah terutama di. Untuk pernikahan sederhana, Anda diwajibkan menggunakan nasi. Nasi putih yang dipilih secara alami memudahkan para tamu untuk memadukannya dengan berbagai lauk pauk.

Anda bisa menggunakan beberapa variasi untuk menyajikan selai nasi putih. Ini termasuk nasi goreng atau nasi liwet. Buat nasi, bisa meminta pihak katering untuk menyediakan 1 atau lebih jenis nasi sebagai alternatif.

2. Sup

Menu selanjutnya yang sering ditawarkan di celebratory buffet adalah sup. Anda bisa menggunakan sup sayuran, yang ditambahkan potongan ayam. Dan bisa juga menu sop, Anda bisa memilih mau menyajikan sop sayur atau sop daging. Lakukan koordinasi yang baik dengan catering biar tidak terjadi kesalahan dalam penyajian.

3. Siomay atau bakso

Setelah menu berat, Anda perlu menyediakan berbagai jajanan seperti bakso atau siomay. Menu ini bisa menjadi alternatif snack bagi tamu yang tidak ingin mencoba main course.

4. Karedok atau Lotek

Karedok atau Lotek saat ini bukan sekedar contoh prasmanan festival khas Sunda, tetapi telah berkembang menjadi budaya nasional. Penyajian menu ini bisa menjadi pilihan yang menarik jika Anda akan mengadakan resepsi pernikahan.

5. Olahan ayam atau daging

Daging atau ayam masih menjadi bahan olahan utama dan paling sering muncul di menu buffet. Ayam tetap menjadi pilihan populer, bahkan rasanya tidak lengkap jika menu ayam tidak ditawarkan. Contoh menu buffet resepsi pernikahan yang mungkin Anda miliki di sebuah gedung mungkin menyajikan berbagai jenis olahan ayam.

Baca juga:  Pengen Bikin Kimbap Ala Korea Seperti yang Ada di Drakor? Coba Nih Resepnya!

Pilih menu olahan ayam yang baik menurut Anda bisa dinikmati oleh semua tamu. Ayam dan ikan sudah siap, sekarang saatnya menu dengan bahan dasar daging. Menu berbahan dasar daging ini bisa dipilih untuk menemani hidangan lezat.

Anda bisa menyajikannya dengan diolah jadi dendeng, rendang atau menu lainnya. Selain mudah didapat, olahan kedua bahan ini beragam dan mudah, jika dibutuhkan bisa menggunakan mesin pengupas bawang dan mesin giling bumbu dapur.

6. Kerupuk dan sambal

Menu yang tak kalah wajib untuk buffet adalah kerupuk dan sambal. Meskipun kedua menu ini tampak seperti menu tersier, keduanya juga melengkapi rasanya.

7. Irisan buah

Sebagai penutup, disediakan potongan buah yang disajikan. Biasanya menggunakan semangka atau melon yang dipotong dadu. Selain buah, Anda bisa menawarkan berbagai makanan penutup lainnya. Misalnya, puding atau aneka jajanan pasar.

8. Air mineral atau teh

Jangan lupa tentang minuman yang perlu disajikan. Untuk kenyamanan, air mineral dalam gelas plastik pun boleh digunakan. Anda juga dapat menyajikan teh sebagai pilihan minuman untuk para tamu. Anda juga bisa menyediakan minuman jeruk, teh atau air mineral.

Bagikan!