Contoh Software CRM yang Dapat Diterapkan pada Bisnis

Bagikan!

Untuk mengembangkan bisnis, perusahaan dapat memanfaatkan CRM dalam mengelola informasi data pelanggannya. Banyak perusahaan penyedia solusi CRM yang menawarkan produk-produknya.

Namun kali ini terdapat beberapa rekomendasi contoh software CRM yang dapat diterapkan pada bisnis dimana dapat dicoba untuk mengimplementasikannya pada perusahaan.

Dengan menggunakan aplikasi CRM pada bisnis, Anda akan bisa mengontrol pengelolaan terhadap berbagai aspek yang selama ini sudah dianggap penting. Dimana hal tersebut berkaitan dengan data konsumen, jadwal pertemuan, laporan, email, catatan atau bahkan public relation (PR). Dengan CRM, hal-hal yang disebutkan barusan bisa dilakukan hanya dalam satu sistem saja. Bagaimana? Hebat bukan?

Maka dari itu, tidak heran apabila CRM pada saat ini mulai diminati oleh para pelaku bisnis yang ada dimuka bumi ini. Oleh karena itu, Anda wajib untuk mencoba dan menerapkan CRM pada bisnis yang sedang Anda kelola saat ini.

Contoh Aplikasi CRM

Dikutip dari Majapahit.id, ada beberapa contoh aplikasi CRM recommended yang paling sering dipakai oleh Perusahaan-perusahaan besar, Mari simak pembahasannya sebagai berikut ini.

Maja CRM

Maja CRM merupakan aplikasi yang dibuat Majapahit Teknologi untuk membantu Bisnis dan Perusahaan Anda semakin berkembang dengan pesat.

Banyak fitur-fitur yang diunggulkan, salah satunya adalah user dapat memantau pengerjaan proyek dan perkembangannya dengan tidak ada batasan dalam jumlah user. Tentu saja ini akan membantu bisnis Anda berkembang dengan pesat dan cepat.

Zoho CRM

Zoho merupakan salah satu software perkantoran yang dapat dimanfaatkan untuk pengelolaan CRM. Banyak keunggulan menarik dari Zoho untuk membantu meningkatkan efektivitas penjualan perusahaan.

Dimulai dari fitur meeting dan presentasi oleh tenaga sales marketing, proses otomatisasi yang menghemat waktu dan biaya, serta pelaporan kinerja yang realtime.

Baca juga:  Harga Fiber Optik

Selain itu, beberapa fitur yang melekat pada software Zoho CRM diantaranya memiliki tampilan yang user friendly, paket berlangganan yang terjangkau, adanya panduan pengimplementasian CRM, dan lain-lain.

Contoh aplikasi CRM

Hubspot

Hubspot menjadi salah satu contoh software CRM yang dapat diterapkan pada bisnis. Dikembangkan di Amerika, software ini memiliki banyak keunggulan yang dapat membantu perusahaan untuk mengelola data pelanggan secara efektif dan efisien.

Yang paling menarik, aplikasi ini dapat dihubungkan dengan email yang terintegrasi secara otomatis. Sehingga proses marketing bisa dilakukan secara cepat dan mudah.

Pipedrive

Pipedrive merupakan aplikasi CRM yang hampir mirip dengan aplikasi CRM lainnya. software berbayar ini memungkinkan perusahaan dapat mengelola data pelanggan dan membuat pelaporan sales marketing dengan mudah dan realtime.

Jika pemilik bisnis yang hendak merasakan fitur yang ditawarkan pipedrive, aplikasi ini menyediakan versi demo/trial yang gratis.

Beberapa fitur yang dirancang pada sistemnya seperti penggunaan custom chatbot, melacak riwayat komunikasi pelanggan, meningkatkan insight penjualan, melindungi data privasi pengguna dan juga akses aplikasi mobile yang terintegrasi.

Freshsales

Freshsales menjadi rekomendasi software CRM yang tidak hanya dapat digunakan oleh pebisnis besar, tetapi juga para pebisnis skala kecil. Software besutan Freshworks ini dikenal memiliki versi berbayar, yang biayanya bersaing dengan software CRM lainnya. Namun pengguna tidak perlu khawatir, karena untuk akses awal Freshsales menyediakan versi gratis demo.

 

Penutup

Demikian pembahasan mengenai contoh software CRM yang dapat diterapkan pada bisnis. Beberapa rekomendasi software CRM Indonesia diatas sudah dipercaya berbagai perusahaan karena keefektifan dan keefisienannya dalam mengelola informasi pelanggan. Selain itu dukungan fitur canggih membuat masing-masing software CRM tersebut unggul.

Bagikan!