Contoh Proposal Penawaran

Apakah Anda sedang bingung membuat proposal penawaran kerjasama? Tidak perlu bingung, artikel ini akan mengulas tuntas mengenai contoh proposal penawaran. Jadi jika Anda yang sedang mencari media partner atau sponsorship, artikel ini akan membantu Anda.

Berikut adalah ulasan mengenai contoh proposal penawaran kerjasama menjadi sponsorship dalam program kreatif pembuatan pembungkus makanan yang ramah lingkungan. Sebagaimana yang tertera di website Academic Indonesia.

Contoh Proposal Penawaran

proposal penawaran

PENDAHULUAN

Indonesia merupakan negara yang masih berkembang. Negara berkembang akan dengan giat melakukan pembangunan untuk  menjadi negara yang maju. Industri salah satu pihak yang bergerak dengan cepat untuk mencapai  kemajuan suatu negara.

 Industri sangat berkembang di Indonesia, mulai dari industri rumahan hingga perusahaan besar. Sebagian besar perusahaan industri menggunakan bahan non organik seperti plastik dan aluminium untuk bahan produksi.

Bahan non organik seperti plastik sangat banyak digunakan di Indonesia. Berdasarkan sumber informasi dari http://www.vemale.com/ragam/80127-bahaya-sampah-plastik-yang-sangatmengerikan.html setiap harinya Indonesia memproduksi sampah kantong plastik hingga 4000 ton per hari.

Kondisi tersebut berdampak buruk pada lingkungan, karena sampah plastik sulit terurai secara alami. Sampah plastik akan berakhir di tanah, sungai, saluran air dan laut.

Banyaknya industri di Indonesia yang menggunakan bahan non organik menimbulkan keinginan kami untuk menguranginya dan menjadikannya sebagai peluang usaha. Kami akan membuat sebuah pembungkus makanan dari pelepah pinang dengan berbagai design sesuai permintaan pasar.

1. Perumusan Masalah

   Bahan organik sebagai bahan baku dalam usaha industri peralatan kehidupan sehari-hari masih sangat jarang. Biasanya pelaku usaha lebih banyak yang menggunakan bahan non organik sebagai ahan dasar produksi.

Penggunaan bahan non organik sebagai bahan baku produksi memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan konsumen dan lingkungan.

Oleh karena itu, kami ingin memperkenalkan produk pembungkus makanan dari pelepah pinang kepada masyarakat sebagai produk yang terjamin akan kesehatan bagi pengguna dan ramah terhadap lingkungan.

Selain itu, kami ingin menyadarkan masyarakat untuk mulai memperhatikan lingkungan  dengan melakukan sesuatu yang menjaga bumi kita.

Adanya usaha mengolah serabut kelapa untuk mencuci peralatan rumah tangga dan mengolah pelepah pinang untuk pembungkus makanan, diharapkan luaran dari program ini adalah suatu usaha yang dapat mengurangi penggunaan bahan non organik dalam usaha industri.

Usaha ini juga menawarkan produk yang ramah lingkungan, nilai kesehatan yang terjamin, dan harga yang sesuai dengan kualitas produk sehingga kami mengharapkan produk dapat diterima oleh pasar.

2. Tujuan Proposal

Tujuan dari proposal penawaran kerjasama pembuatan pembungkus makanan ramah lingkungan ini adalah

  1. Membuat pembungkus makanan dari pelepah pinang yang  desainnya sesuai dengan permintaan konsumen.
  2. Sebagai pembelajaran bagi masyarakat untuk mengembangkan peluang usaha baru yang ramah lingkungan dan menghasilkan laba.

3. Luaran yang diharapkan

Adanya usaha mengolah pelepah pinang untuk pembungkus makanan, diharapkan luaran dari program ini adalah suatu usaha yang dapat mengurangi penggunaan bahan non organik dalam usaha industri.

Usaha ini juga menawarkan produk yang ramah lingkungan, nilai kesehatan yang terjamin, dan harga yang sesuai dengan kualitas produk sehingga kami mengharapkan produk dapat diterima oleh pasar.

A. Manfaat Program

  1. Bagai produsen : Dapat meningkatkan jiwa wirausaha yang peka terhadap peluang usaha baru yang ramah lingkungan dan memiliki keuntungan.
  2. Bagi konsumen : Dapat memenuhi permintaan pasar dengan produk yang nyaman digunakan, mutu kesehatan terjamin, ramah lingkungan dan harga yang terjangkau.
  3. Dapat melestarikan lingkungan dengan memanfaatkan kekayaan alam.
  4. Dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

BAB II

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

Pembungkus makanan dari pelepah pinang memiliki keunggulan dapat membuat makanan tahan selama 1-2 hari secara alami. Pembungkus makanan ini tidak tercampur dengan zat kimia sedikitpun.

Pembungkus makanan ini dapat digunakan bagi pedagang makan online shop, pedagang makanan oleh-oleh khas suatu daerah yang biasanya dijadikan souvenir dari suatu daerah dan pedagang makanan lainnya.

 Pembungkus ini tentu tidak memiliki harga yang murah seperti produk lainnya karena pelepah pinang tidak dengan mudah didapatkan. Kami berencana pelepah pinang akan kami dapatkan dari Jambi sebagai daerah penghasil pinang di Indonesia.

Hal ini juga dikarenakan pinang mengeluarkan pelepahnya dalam jangka waktu yang cukup lama. Tetapi harga tentunya akan sesuai dengan kualitas produk yang didapat.

Kami memberikan penawaran menarik bagi konsumen karena kami akan membuat pembungkus dari pelepah pinang yang desainnya sesuai keinginan konsumen namun dalam ukuran yang tidak terlalu besar.

Tidak ada tahapan yang jelas untuk membuat produk ini karena kami akan mengkondisikan produk sesuai dengan permintaan konsumen yang dipesan beberapa bulan sebelum dibutuhkan.

Kami juga akan mencari desain produk kami yang sesuai dengan permintaan pasar sehingga untuk selanjutnya konsumen tidak perlu membuat design sendiri, konsumen tinggal memilih desain yang telah kami sediakan.

Untuk memperoleh pelepah pinang pada tahap awal kami akan membeli dari perkebunan masyarakat. Namun, untuk tahap selanjutnya kami akan mencoba membuka perkebunan pinang sendiri.                         

BAB III

PERENCANAAN PRODUKSI

1. Waktu dan Tempat

         Kegiatan akan dilaksanakan dalam jangka waktu 3 bulan. Produksi   akan dilakukan di tempat yang berkenan menjadi sponsorship utama bagi kami.

2. Bahan dan Alat

Bahan utama adalah  serabut oyong, serabut kelapa dan pelepah pinang. Serabut oyong akan diperoleh dari petani oyong. Serabut kelapa akan diperoleh dari perkebunan kelapa, pedagang rumah makan padang, pedagang gudeg, dan pedagang minuman kelapa.

Pelepah pinang akan diperoleh dari Jambi sebagai penghasil pinang di Indonesia. Sedangkan alat yang digunakan adalah Portable sealer, gunting, staples, keranjang, tikar tempat penjemuran, dan kemasan Aluminium Foil seal. Alat-alat ini dapat diperoleh di  toko-toko peralatan rumah tangga di yogyakarta.

3. Packing dan labelisasi

Pengemasan spons oyong dan spons serabut kelapa akan dikemas   dengan kemasan Aluminium Foil seal. Kemasan akan dibuat aman dan higienis. Label yang dibuat akan berbentuk nuansa alam yang menarik dan mudah diingat.

4. Pemasaran produk

Promosi kami lakukan kepada orang terdekat kami terlebih dahulu. Menyetorkan ke toko-toko peralatan rumah tangga dan pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Di samping itu promosi menggunakan media sosial, blog,  poster, brosur dan iklan baris terus dilakukan.

Tiga bulan usaha berjalan Kami akan melakukan event yang bekerjasama dengan organisasi pecinta lingkungan dan memberikan produk secara percuma sebagai souvenir.

Sebelum masuk keruangan peserta akan disuruh memilih nomor undian dan nanti ada saatnya pengundian setiap orang mendapatkan produk apa. Tidak ada peserta yang tidak mendapatkan souvenir karena nomor undian tidak ada yang bertulis kosong.

Lampiran kerjasama

PENAWARAN KERJASAMA DAN SPONSORSHIP

Bagi instansi atau perusahaan yang tertarik mensponsori program pembuatan pembungkus makanan yang ramah lingkungan ini, maka kami dari pihak panitia bersedia melakukan audiensi. Kami akan membawa penandatanganan surat kerjasama dengan pihak sponsor selambat-lambatnya dua minggu terakhir sebelum produksi berlangsung.

Seperti itulah ulasan mengenai contoh proposal penawaran kerjasama. Semoga bermanfaat.