Contoh Desain Produk Simple dan Informatif

Bagikan!

Produk yang ada di pasaran sebelum beredar ke pasar pasti telah mengalami proses penyuntingan, mulai dari desain, bentuk, warna, logo, dan lainnya. Sangat penting bagi industri barang dan jasa untuk tahu contoh desain produk yang bisa menjadi branding di pasaran.

Manfaat Desain Produk

Sadarkah Anda ketika membeli sesuatu dengan harga yang lebih mahal, misalnya kopi, produk kecantikan, makanan ringan, walaupun ada produk sama dengan harga lebih murah. Kadang rela membelinya karena melihat desain produknya.

1. Menawarkan Kegunaan yang Lebih Besar

Terkadang konsumen rela membayar lebih untuk produk dengan desain yang menarik. Produk akan terlihat lebih baik dan memiliki tawaran kegunaan yang lebih besar, lebih fungsional, dan memiliki keberlanjutan.

2. Mengindikasikan Kualitas

Desain produk sangat berpengaruh pada penilaian konsumen. Alasannya adalah desain tersebut dapat mengindikasikan tentang kualitas, kinerja, kemudahan penggunaan, dan penampilannya. Desain yang baik juga bisa sebagai media komunikasi kepada konsumen.

3. Mengurangi Biaya dan Resiko

Ketika sebuah produk didesain dengan baik, maka akan membantu meminimalkan risiko. Biaya produksi juga menjadi lebih efisien karena telah diproses berdasarkan analisis. Tingkat kerugian juga bisa ditekan dengan optimalkan penggunaan bahan.

4. Meningkatkan Jangkauan Produk

Penggunaan desain produk yang kreatif dan inovatif, akan membuat jangkauan produk lebih luas lagi. Konsumen akan semakin banyak yang mengetahui, sehingga produk juga semakin lebih banyak diminati.

Contoh Desain Produk untuk Inspirasi

1. Contoh Desain Produk Makanan

Berikut ini adalah contoh untuk desain produk makanan, mungkin bisa jadi referensi atau inspirasi bagi mu.

contoh desain produk

2. Contoh Desain Produk Kemasan

Selain produk makanan, kamu juga bisa lihat contoh berikut ini yaitu desain produk kemasan.

Baca juga:  Desain Favorit Tas Kanvas untuk Anak Muda Zaman Now

contoh desain produk

3. Contoh Desain Produk Minuman

Contoh desain produk yang terakhir adalah desain produk minuman, berikut ini contoh desainnya.

contoh desain produk

Cara Membuat Desain Produk Terbaik

1. Lakukan Penelitian dan pengembangan

Penelitian ini akan menjadi dasar untuk memahami pasar dan penjelasannya. Walaupun tidak secara langsung memiliki pengaruh pada produk, namun penelitian bisa mengembangkan produk. Misalnya kerajinan tekstil atau kerajinan lain yang bisa dikembangkan menjadi aneka produk.

2. Lakukan Rekayasa Terbaik

Rekayasa terbalik merupakan proses pembongkaran produk. Caranya adalah dengan memahami desain dan mengembangkan produk menjadi lebih baik.

3. Penggunaan Sistem Perangkat Lunak

Cara ini digunakan untuk mengembangkan model menggunakan komputerisasi. Penerapannya untuk produk baru akan membantu menganalisa parameter desain yang sesuai.

4. Pendekatan Sistematik

Cara ini adalah suatu pendekatan sistematik dari beberapa proses desain produk. Tahapan ini akan memperhatikan dan mempertimbangkan, mulai dari aspek kualitas, siklus hidup produk, biaya, hingga kebutuhan konsumen.

Penutup

Menjual produk tidak bisa dilakukan tanpa perencanaan desain produk. Asal menjual ke pasar akan meningkatkan risiko kerugian jika produk tidak banyak peminatnya. Desain produk akan membantu untuk meningkatkan penjualan dan mengembalikan investasi perusahaan.

Demikianlah contoh desain produk yang bisa jadi referensi bagi kamu. Semoga informasi ini dapat menginspirasi dan bermanfaat. Untuk tahu lebih banyak soal desain kamu bisa baca artikel lainnya yang tersebar di media internet.

Bagikan!