Cara Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dengan Mudah Supaya Bernilai Ekonomis

Masih banyak sekali masyarakat di sekitar yang mengolah sampah rumah tangga dengan cara membakarnya dan tidak dibuang ke dalam tong sampah besar. Sebenarnya cara ini tidak aman untuk kesehatan dan lingkungan sekitar karena menghasilkan asap putih beracun. Maka dari itu, sebaiknya kita mengetahui cara pengelolaan sampah rumah tangga supaya bisa membuat pengelolaan sampah bernilai ekonomis.

Salah satu tujuan pengelolaan sampah ialah untuk membuat sampah memiliki nilai ekonomis dan membuatnya menjadi bahan yang tidak membahayakan bagi lingkungan. Dengan pengelolaan sampah yang benar, kamu bisa membantu dalam menekan dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

Seperti dirangkum dari beberapa sumber, berikut langkah yang bisa kamu lakukan dalam pengelolaan sampah bernilai ekonomis.

1. Membuat sampah menjadi pupuk

Menjadikan sampah menjadi pupuk kompos yang bisa dipakai untuk berkebun. Akan tetapi jika kamu tidak menyukai berkebun atau tidak suka dengan aroma yang muncul saat pembuatan pupuk kompos, kamu bisa menyumbangkan sampah organik kepada teman yang menyukai berkebun atau kepada penjual tanaman. Supaya sampah bisa dikelola dengan baik.

2. Mendaur ulang sampah anorganik

Sebagian sampah anorganik masih bisa didaur ulang seperti kardus, kertas, botol kaca, botol plastik. Kamu bisa memeriksa logo daur ulang pada kemasan, jika terdapat logo maka kemasan tersebut bisa didaur ulang. Kamu bisa membawanya ke pusat daur ulang terdekat atau bisa juga dengan memberikannya pada pemulung.

3. Reduce, Reuse and Recycle

Membiasakan melakukan gaya hidup Reduce, Reuse and Recycle untuk mengurangi pemakaian plastik atau bahan lainnya yang sulit terurai. Kemudian jangan lupa untuk memanfaatkan barang bekas supaya bisa digunakan kembali seperti memanfaatkan botol plastik menjadi pot tanaman. Selain itu, masih banyak yang bisa dilakukan dengan ide kreatif.

Terakhir jangan pernah lupa untuk melakukan pemisahan sampah di rumah dan mengelola sampah rumah tangga untuk didaur ulang supaya tidak mencemari lingkungan dan bisa memberikan nilai ekonomis. Mudah bukan? Semoga kedepannya kita bisa lebih memperhatikan lingkungan dimulai dari lingkungan rumah ya.