Cara Memulai Merintis Usaha Online

Di zaman sekarang ini, semakin banyak orang yang sulit mendapatkan pekerjaan, terlebih lagi bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Banyak orang yang berfikir mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hanya dapat dilakukan dengan mencari pekerjaan. Mengapa tidak memikirkan cara memulai merintis usaha saja sebagai pilihan untuk menghasilkan uang.

Memulai suatu usaha memang bukan perkara yang mudah, karena dibutuhkan tekad yang kuat, kemauan untuk terus belajar, dan usaha yang keras. Namun jangan takut untuk memulainya, bacalah kisah-kisah inspiratif dari para pengusaha-pengusaha yang berjuang dari nol hingga sukses sebagai penyemangat ketika akan memutuskan merintis usaha.

Untuk memulai sebuah usaha dibutuhkan sebuah perencanaan yang matang, karena resiko yang akan dihadapi jauh lebih besar dibandingkan hanya menjadi seorang karyawan perusahaan. Namun keuntungan yang dirasakan pun sangat menggiurkan, seperti keuntungan yang besar dari usaha, serta waktu kerja yang lebih fleksibel karena menjadi bos bagi diri sendiri.

online shop

Bila kamu tertarik untuk membuka usaha sendiri, maka berikut cara memulai merintis usaha yang patut untuk kamu coba.

Merintis Usaha Online

Pada kesempatan ini saya akan share bagaimana cara merintis usaha secara online dengan modal yang cukup terjangkau.

Langkah Pertama – Lakukan Riset Produk

Apa itu riset ? riset itu menganalisa. Mencari informasi selengkap mungkin untuk mendapatkan data paling akurat. Langsung ke contoh saja ya..

Buka website marketplace Tokopedia dan shopee.

2 situs di atas adalah rujukan para penjual online yang ada di Indonesia. Mereka melakukan riset mencari barang atau produk yang paling laku di jual di 2 marketplace ini. Caranya dengan melakukan sortir produk yang paling laku dan paling populer dijual dalam sebuah toko.

Perhatikan hal berikut ini :

  • Cari produk yang paling laris dengan harga terjangkau.
  • Pastikan produk tersebut memiliki nilai jual jangka panjang
  • Pastikan ada banyak testimoni dalam toko tersebut

Jika kamu menemukan produk dengan kriteria di atas, catat dan lakukan langkah kedua.

Langkah Kedua – Cari supplier tangan pertama

Nah.. pada tahap ini, kamu harus pintar-pintar menemukan supplier tangan pertama.

Apa ciri supplier tangan pertama ?

  • Umumnya harga paling murah diantara toko yang lain
  • Memiliki stok produk yang cukup banyak
  • Ada banyak testimoni yang disertai bukti gambar

Langkah Ketiga – Stok Produk

Jika kamu sudah menemukan supplier tangan pertama, coba lakukan pembelian sebagai uji coba produk. Jangan beli terlalu banyak. Cukup beberapa saja untuk sample.

Setelah memastikan produk bagus, mulailah menyetok produk untuk persiapan penjualan di media sosial.

Langkah Empat – Jual kembali di media sosial

Langkah inilah yang akan menentukan berhasil atau tidaknya. Jualan online di media sosial seperti facebook dan instagram.

Saat ini, facebook mempunyai fitur bernama marketplace.

Melalui marketplace facebook, kamu bebas berjualan asalkan tidak melanggar aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan facebook.

Sistemnya seperti bukalapak. Kamu upload satu persatu gambar dan beri deskripsi pada produk, kemudian tentukan target wilayah dimana kamu ingin mempromosikan produk tersebut.

Jadi.. jualan online yang dimaksud disini bukanlah spam atau posting di halaman beranda facebook ya.. tapi jualan menggunakan fitur facebook bernama Marketplace.

Kedepan, jika kamu sudah berhasil dan lebih ingin mengembangkan usaha, kamu bisa memulai dengan membuat perusahaan seperti CV atau PT.

Biar paham, simak juga Perbedaan CV dan PT

Demikian informasi cara memulai merintis usaha online, semoga bermanfaat ya..

Temukan artikel menarik lainnya dengan mengunjungi pediansa, blog yang membahas berbagai macam info teknologi, komputer dan internet.