Cara Membuat Surat Pernyataan Kerja

Bagikan!

Memasuki dunia kerja terutama di suatu perusahaan, kamu mungkin akan dihadapkan dengan surat pernyataan kerja. Surat pernyataan kerja ini tidaklah sama dengan surat keterangan kerja. Bahkan, secara fungsi pun berbeda. Lalu, seperti apa surat pernyataan kerja itu? Yuk simak penjelasan berikut untuk melihat contoh surat pernyataan yang tepat.

Jenis Surat Pernyataan Kerja

Dalam hal pembuatan, surat pernyataan kerja tidak dibuat oleh karyawan melainkan dibuat oleh perusahaan untuk ditandatangani oleh karyawan yang bersangkutan. Secara jenis, surat pernyataan kerja tidak hanya terbatas pada satu jenis saja. Beberapa jenis surat tersebut dapat kamu lihat di bawah ini.

Surat Pernyataan Kontrak Kerja

Jenis surat pernyataan kerja yang pertama merupakan surat pernyataan yang berhubungan dengan kontrak kerja. Dalam surat ini, biasanya memuat berapa lama jangka waktu kontrak suatu karyawan dengan perusahaan tersebut.

Surat Pernyataan Penempatan Kerja

Jenis berikutnya dari contoh surat pernyataan kerja adalah surat pernyataan yang berkaitan dengan penempatan kerja. Tidak jarang suatu perusahaan mensyaratkan seorang karyawan untuk ditempatkan dalam suatu wilayah cabang perusahan tertentu. Jika karyawan tersebut setuju dengan ketentuan penempatan kerja, maka karyawan tersebut dapat membuat surat pernyataan tersebut.

Surat Pernyataan Kesanggupan Kerja

Selain dua jenis di atas, ada lagi jenis surat pernyataan yang berhubungan dengan kesanggupan seorang karyawan untuk berpindah jabatan. Dalam hal ini, biasanya jabatan yang diberikan akan jauh lebih tinggi dengan tanggung jawab yang lebih besar.

Surat Pernyataan Kesanggupan Tidak Menikah Selama Kontrak Kerja

Sering kali suatu perusahaan memberikan syarat kepada karyawan untuk tidak menikah sebelum masa kontrak selesai. Untuk menjamin pemenuhan syarat ini, perusahaan akan mengeluarkan surat pernyataan kesanggupan kepada karyawan tersebut dan jika karyawan menyetujui, maka karyawan tersebut dapat menandatanganinya. 

Baca juga:  Kiat-kiat Cara Mendaftar SBMPTN

Tujuan Pembuatan Surat Pernyataan Kerja

Setelah menyimak mengenai jenis-jenis surat pernyataan kerja, pasti diantara kamu ada yang sudah punya gambaran mengenai tujuan pembuatan surat ini bukan? Nah, secara tujuan dan fungsi sebenarnya surat pernyataan kerja digunakan untuk perantara kesepakatan antara pihak perusahaan dan pihak karyawan. Dalam kata lain, surat pernyataan kerja juga dijadikan untuk mengikat karyawan dalam memenuhi peraturan yang diberikan oleh perusahaan.

Contoh Surat Pernyataan Kerja

Dari penjelasan-penjelasan di atas, nampaknya akan kurang lengkap jika tidak dibarengi dengan contoh surat pernyataan kerja itu sendiri. Nah, berikut ini kamu dapat menyimak contoh surat pernyataan kerja berkenaan dengan penempatan kerja.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Budi Hartono

Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 12 Januari 1990

Alamat: Jl. Sejahtera RT. 05, RW. 04, Surabaya

 

Dengan ini menyatakan bahwasanya:

  1. Bersedia ditempatkan di kantor cabang PT Sinar Sakti di seluruh cabang di Indonesia dengan selama berlangsungnya kontrak selama 12 bulan.
  2. Biaya akomodasi menuju tempat penempatan kerja ditanggung oleh sendiri dan akan diganti setelah 1 bulan masa bekerja berlangsung.
  3. Bersedia bekerja sesuai dengan masa kontrak dan tidak akan mengajukan pengunduran diri sebelum masa kontrak selesai.

Jika di kemudian hari saya melakukan pelanggaran dari pernyataan ini, maka saya siap menanggung segala konsekuensi  berdasarkan hukum serta aturan perusahaan yang berlaku.

Surabaya, 1 Maret 2021

Pembuat Pernyataan,

 

Budi Hartono

Nah, demikian penjelasan untuk surat pernyataan kerja hingga contohnya. Pastinya mudah bukan untuk membuat surat kerja ini? Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan dapat kamu jadikan referensi tambahan untuk penulisan surat pernyataan kerja.

Bagikan!