Cara Membuat Infografis bagi Pemula

Bagikan!

Pemanfaatan internet cerdas bisa dilakukan untuk berbagai bidang. Contohnya untuk membuat berbagai macam konten positif yang edukatif dan menarik. Infografis merupakan salah satu tool untuk membuat konten menarik. Cara membuat infografis juga cukup mudah, bahkan bisa dilakukan di Android.

Pengertian Infografis

Sebelum melangkah lebih jauh, mungkin Anda belum paham apa yang dimaksud dengan infografis. Secara umum infografis adalah kumpulan gambar tentang informasi, statistik, dan juga data.

Tampilan gambar ini bisa dalam bentuk diagram, skema, ilustrasi, animasi, dan lainnya seperti di PPT agar lebih menarik

desain infografis

Cara Membuat Infografis

Sebelum mulai berkembang aplikasi pembuat infografis, Anda harus membuat melalui program desain tertentu. Contohnya adalah CorelDraw, Adobe Illustrator, PhotoShop, dan lainnya. Namun, saat ini ada cara untuk membuat infografis yang menarik dan mudah dengan menggunakan aplikasi berikut :

1. Piktochart

Merupakan salah satu cara membuat infografis di laptop yang sangat mudah. Anda hanya perlu memilih template dan menyuntingnya sesuai kebutuhan. Aplikasi ini menyediakan banyak elemen desain, seperti warna, font, dan lainnya.

2. Canva

Aplikasi ini banyak digunakan untuk quote dan pembuatan gambar-gambar keren di sosial media. Di Canva ini telah disediakan aneka template, ikon, ilustrasi, dan lain-lain.

Canva juga bisa Anda gunakan sebagai cara membuat infografis di HP yang simpel, namun jika ingin fitur yang lebih tinggi Anda bisa beralih ke pro.

Dengan menggunakan canva, kamu juga bisa membuat berbagai desain lainnya selain infografis. Seperti desain poster keren, desain kartu nama, desain brosur, dan banyak lagi.

3. Snappa

Snappa mungkin sudah banyak dipergunakan dalam pembuatan infografis. Peralatan desain dan pengeditan gambar tersedia cukup banyak, sehingga Anda bisa dengan leluasa memilih sesuai keinginan. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara online.

Baca juga:  Desain Ruang Keluarga Idaman Bagi Semua Orang

Tips Membuat Infografis

Aplikasi infografis yang tersedia, cukup membantu dalam membuat infografis yang menarik. Untuk pemula, ada tips khusus tentang langkah pembuatan infografis agar sistematis dan mudah dipahami.

  • Tentukan topik yang akan diangkat.
  • Menentukan sasaran audiens.
  • Kumpulkan data dan juga berbagai referensi.
  • Visualisasikan data dan informasi ke infografik.
  • Rancang grid layout yang sesuai.
  • Gunakan template infografis ready to use.
  • Berikan tambahan style.

Adanya infografis ini sangat membantu dalam penyampaian sebuah informasi kepada masyarakat. Dengan desain yang menarik dan ilustrasi yang mudah dipahami, akan membuat orang lebih tertarik untuk membacanya dibanding pada tulisan biasa.

Bagikan!