Cara Download Subtitle YouTube Dengan Mudah

YouTube adalah pilihan terfavorit masyarakat dalam menikmati hiburan dalam bentuk video dan streaming online. Bahkan YouTube saat mengalahkan siaran televisi yang mulai ditinggalkan. Berbagai video dari segala penjuru dunia dapat dinikmati kapan saja dan dimana saja. YouTube juga menawarkan fitur subtitle atau CC (closed caption) dengan banyak pilihan bahasa. Lalu bagaimana cara download subtitle Youtube khususnya dari ponsel Android?

Termasuk fitur yang banyak digunakan di Youtube yaitu fitur subtitle dalam video. Dengan keberadaan subtitle ini maka pengguna bisa tahu bahasa yang digunakan dalam video yang sedang diputar. Contohnya pengguna dari Indonesia yang sedang menonton video berbahasa inggris sementara ia tak paham dengan bahasa tersebut maka ia perlu subtitle untuk memahami apa yang dikatakannya. Hanya saja sayangnya jika pengguna mengunduh video dari YouTube, subtitle tak otomatis terunduh.

cara download subtitle youtube

Kalau menurut situs www.digitalponsel.com, ada tiga cara mudah untuk download subtitle youtube, apa saja caranya? Simak selengkapnya ulasan berikut ini:

Cara Download Subtitle YouTube dari yousubtitles.com

Di YouTube, fungsi subtitle dalam sajian bahasa inggris biasanya akan dibuat otomatis dengan bantuan bot. Hanya saja bila menginginkan bahasa lain pengguna harus mengunduh subtitle itu secara online. Berikut cara download subtitle YouTube dari ponsel Android yang dapat dicoba :

  • Masuk ke aplikasi YouTube di ponsel Android yang digunakan.
  • Pilih video yang hendak diunduh subtitle-nya. Ketuk ikon 'Bagikan' kemudian copy link video itu dengan mengetuk tombol 'Salin Link'.
  • Selanjutnya masuk ke browser di ponsel untuk membuka layanan dari situs yousubtitles.com. Selanjutnya tempelkan copy link video tersebut dalam kotak yang tersedia lalu ketuk ikon 'Download'.
  • Nantikan sebentar, layanan online ini akan memberikan beberapa macam subtitle yang ada pada video YouTube tersebut. Pengguna dapat langsung memilih salah satu bahasa yang hendak diunduh.
  • Biarkan sampai subtitle rampung didownload yang biasanya disajikan dalam file dengan ekstensi .srt.

Cara Download Subtitle YouTube dari Aplikasi 4k Video Downloader

Aplikasi menarik yang satu ini dapat digunakan untuk mengunduh video termasuk juga subtitle yang ada. Dengan begitu pengguna tak usah dua kali mendownload sebagaimana metode di atas. Hanya saja program ini cuma berjalan di komputer atau laptop, sementara untuk di ponsel harus digunakan aplikasi lain. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Pertama, unduh software 4k Video Downloader kemudian pasang di PC. Software ini dapat didownload gratis dengan mencarinya di Google.
  • Setelah itu login ke situs YouTube untuk mencari video yang hendak diunduh lengkap dengan subtitle sekalian.
  • Berikutnya pengguna dapat menyalin tautan video yang dikehendaki itu.
  • Lanjut dengan membuka software 4k Video Downloader yang telah dipasang tadi. Di halaman depan kiri atas silakan cukup tekan tombol Paste Link kemudian tunggu sampai video yang hendak diunduh keluar.
  • Sesudah video ditampilkan, pengguna dapat memilih kualitas video yang diinginkan. Kualitas rendah akan memiliki ukuran file kecil dan sebaliknya kualitas tertinggi memiliki ukuran file besar. Tekan tombol Download yang disediakan di bawah video.
  • Video yang rampung diunduh akan menyediakan subtitle yang melekat dengan video. Ini tentu akan memudahkan pengguna sebab tak usah dua kali download, yaitu file video dan file subtitle.

Cara Download Subtitle YouTube dari DownSub

DownSub merupakan layanan pihak ketiga yang juga dapat dimanfaatkan untuk mengunduh subtitle yang ada di video YouTube. Pengguna tak usah memasang software pendukung agar bisa menikmati layanan tersebut, dengan begitu prosesnya tak akan rumit. Berikut tahapan yang harus dilakukan supaya dapat mengunduh subtitle YouTube menggunakan DownSub.

  • Log in ke situs YouTube kemudian cari video yang hendak diunduh subtitle-nya.
  • Mainkan video itu supaya link url dapat di-copy. Meng-copy url video bisa dilakukan dengan hanya copy paste.
  • Jalankan browser kemudian buka  website DownSub.
  • Tempel  link url video yang telah di-copy dari laman YouTube tadi.
  • Lanjut dengan menekan tombol Download yang tersedia.
  • Layanan ini akan menampilkan beberapa pilihan subtitle yang sesuai dengan video YouTube yang dipilih tersebut. Pengguna dapat menyeleksi video yang menawarkan format .srt serta berbahasa Indonesia.
  • Unduh subtitle video yang sudah dipilih sehingga dapat diputar berbarengan dengan video YouTube yang sudah diunduh tadi. Layanan ini tak cuma menawarkan download subtitle video yang diambil dari YouTube, akan tetapi dapat pula dari beberapa situs video streaming lain seperti Vlive, VIU, Viki dan lainnya.

Kini Anda sudah paham cara download subtitle YouTube yang ternyata prosesnya tidak ribet. Hanya dengan beberapa kali klik maka video beserta subtitle-nya sudah bisa tersimpan dan siap untuk dinikmati kapan saja. Cara ini juga berguna untuk video film yang memang dibagikan secara resmi di YouTube. Selamat menonton!