Atasi WC Mampet Menggunakan Soda Api dan Garam

wc mampet

Wc mampet merupakan masalah yang paling tidak disukai banyak orang. Selain menghasilkan bau yang tidak sedap, wc yang mampet juga dapat menjadi sumber penyakit seperti kolera dan typus. Berbagai macam cara dilakukan agar wc dapat kembali berfungsi seperti sedia kala. Bila sudah tidak mampu jasa tukang sedot limbah yang menjadi alternatif lain.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk menghubungi jasa sedot limbah, ada baiknya untuk mencoba mengatasi wc mampet dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti garam atau bahan kimia seperti soda api.

Sebaiknya pastikan terlebih dahulu penyebab utama yang membuat wc menjadi mampet. Karena soda api dan garam tidak mampu mengatasi wc yang mampet akibat dari benda-benda asing seperti tisu, diapers, pembalut, mainan anak, ataupun benda berbahan karet atau plastik. Berbeda dengan kotoran organik yang mudah terurai, seperti kotoran manusia, kotoran binatang peliharaan, kertas tisu, juga lemak.

 

Mengatasi Wc Mampet dengan Menggunakan Garam

Garam batu merupakan jenis garam yang paling ideal dipakai untuk mengatasi WC mampet. Garam yang mempunyai bentuk seperti butiran kristal bening ini biasa dijual dalam kemasan dengan label rock salt. Tapi bila Anda kesulitan mendapatkan garam bamangkoknya apat mencobanya dengan alternatif lainnya yakni menggunakan garam dapur  kasar yang ditambahkan dengan tambahan bubuk soda kue. Berikut adalah langkah-langkah pemakaian garam untuk melancarkan kembali saluran pembuangan WC:

 

  • Sebaiknya memastikan terlebih dahulu agar mangkuk WC tidak tergenangi air jauh di atas batas ketinggian normal. Bila mangkuk WC terlalu penuh, tunggu hingga surut dan kembali ke ketinggian normal.
  • Garam batu yang sudah ditakar sekitar 500g dituang ke lubang wc. Bila Anda menggunakan garam dapur, jangan lupa untuk menambahkan satu cangkir bubuk soda kue.
  • Setelahnya tuang air mendidih 1 liter air ke lubang wc.
  • Tunggu sampai kurang lebih selama 8 jam atau semalaman.
  • Setelah 8 jam siram wc dengan air yang cukup banyak untuk mendorong sumbatan yang sudah hancur sampai masuk septic tank.
  • Apabila wc masih mampet, Anda dapat menggunakan pemompa wc berupa tongkat dengan ujung seperti mangkok karet untuk membantu mendorong penyumbat. Caranya cukup mudah, cukup telungkupkan mangkoknya di atas lubang WC kemudian pompa berulang kali hingga saluran menjadi lega.

 

Mengatasi Wc yang Mampet dengan Menggunakan Soda Api

 

Sodium hidroksida atau Natrium hidroksida (NaOH) adalah sebutan dari soda api atau soda kaustik yang banyak diketahui oleh orang awam. Bila terkena air, soda api akan bereaksi membentuk gelembung kecil yang mampu membantu menghancurkan penyumbat organik. Walau memiliki wujud padat, soda api tidak akan mengendap di pipa pembuangan air atau di septic tank. Itu karena bahan kimia tersebut larut dalam air. Dibanding dengan Sulfuric acid, soda api lebih mudah digunakan dan lebih aman untuk mengatasi wc mampet.

Saat pemakaian tidak menggunakan takaran yang pasti, karena pemakaian soda api tergantung pada tingkat keparahan wc tersebut mampet. Berikut ini adalah langkah-langkah mengatasi wc tersumbat dengan menggunakan soda api:

  • Siapkan langkah-langkah keselamatan terlebih dahulu seperti: mengenakan sarung tangan karet; masker mulut; kacamata pelindung; buka pintu dan jendela kamar mandi.
  • Sama seperti langkah pada garam batu, pastikan bila mangkuk WC tidak tergenangi air jauh di atas batas ketinggian normal.
  • Tuang setengah cangkir soda api ke dalam lubang WC dengan menggunakan penyendok berbahan plastik.
  • Tidak perlu ditambah air, karena air dalam saluran sudah cukup untuk memancing reaksi pada soda api.
  • Tunggu kurang lebih 10 menit agar soda api bereaksi dengan air.
  • Setelah itu siram dengan air apakah WC sudah terbebas dari penyumbat atau belum.
  • Bila masih tersumbat, ulangi langkah tersebut sampai 2-6 dengan lebih banyak soda api selama durasi yang lebih panjang. Namun Anda sebaiknya tidak menambahkan soda api berlebihan agar tidak terlalu sering terkena soda api.

 

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi wc mampet menggunakan garam dan soda api. Apabila wc masih tersumbat setelah menggunakan metode di atas, sebaiknya segera hubungi jasa penyedot wc agar cepat terselesaikan problematika Anda dengan wc.