Apa Sih Perbedaan Anime & Kartun? Ini Penjelasannya!

Berbicara mengenai Anime dan Kartun memang sangat seru. Terlebih penggemar dari kedua belah pihak sangat teguh dengan pendiriannya masing-masing. Fans Anime sangat menentang keras jika Anime yang mereka gemari sama dengan Kartun. 

Bagi fans Anime, Anime adalah Anime dan tidak bisa diartikan dengan bahasa lain, dan pengejaannya pun harus A-NI-ME.

Namun di sisi penggemar kartun, menurut mereka Anime juga tak kalah beda dengan kartun yang merupakan Animasi dari gambar yang tidak nyata.

Untuk memulai pembahasan ini, banyak orang menjadi bingung dengan perbedaan antara Anime dan Kartun. Hanya karena keduanya adalah animasi komputer, namun sebenarnya keduanya tidak menunjukkan bahwa mereka berdua sama.

Ada banyak perbedaan dalam Anime dan juga Kartun. Walaupun keduanya adalah karikatur yang dapat dianimasikan dengan komputer, anime umumnya memiliki atribut visual yang berbeda untuk kepribadian pada masing-masing karakternya. 

Jadi, di sini kita akan mengklarifikasi perbedaan antara Anime dan Kartun. 

Anime ini adalah produksi animasi komputer Jepang, yang datang dalam gaya yang berbeda seperti serial televisi yang pernah kita jumpai di awal tahun 2000-an seperti dragon ball z, Naruto, one piece dan sebagainya, yang di mana memiliki durasi yang pendek dan berseri. Sementara kartun adalah seni estetika bergambar dua dimensi, ilustrasi non-realistis atau semi-realistis.

Tokoh anime memiliki wajah yang khas dan fitur fisik yang sangat sebanding dengan aslinya, mata mereka yang besar dan mulut yang kecil menandakan jika Anime ingin terlihat sama dengan gambaran pada dunia nyata. 
Di sisi lain, fungsi fisik kartun jauh dari kenyataan daripada anime, yang banyak berpendapat jika gambaran kartun sangat biasa dan tidak mendetil seperti Anime. 

Animasi biasanya dibuat untuk membuat orang tertawa, sehingga gaya umumnya hanya sebatas komedi. Namun ada juga banyak kartun yang bersifat sangat realistis, yang seringkali menunjukkan sesuatu yang cocok untuk anak-anak muda tonton, dan juga disampaikan dengan cara yang  menyenangkan dan juga interaktif. Misalnya, mickey mouse, Donald bebek, bugs bunny, dan lainnya.

Tidak seperti kartun, Anime tidak bercerita hanya dengan satu atau 2 genre saja. Program-program Anime semuanya didasarkan pada semacam plot yang berlanjut melalui seluruh seluruh rangkaian chapter atau cerita, misalnya seperti Bleach, One Piece, Naruto, dan sebagainya. 

Anime didasarkan pada masalah kehidupan nyata atau sesuatu yang akan mempengaruhi emosi manusia yang menontonya. Dan juga genre yang ada di dalamnya bisa bercampur seperti genre action, comedy, romance, sports, dan masih banyak lagi.

Tetapi jika Anda menganggap keduanya sebagai sesuatu yang berbeda, atau sama,  Anda tidak dapat melihat perbedaan yang jelas di antara keduanya. Dan itulah sebabnya mayoritas orang menjadi bingung antara keduanya dan akhirnya memanggil anime dan juga animasi lainnya sebagai sesuatu yang sama.

Jadi sebenarnya, masalah perbedaan antara Anime & Kartun ini menurut saya pribadi hanya masalah sudut pandang saja.

Namun jika kita ingin penengah antara masalah ini, kita hanya perlu tahu jika Anime hanya Animasi yang secara eksklusif berasal dari Jepang, dan dibuat oleh orang-orang Jepang. Karena baik Anime maupun Manga merupakan tradisi kebudayaan Jepang yang sudah ada dari dulu.

Nah Kartun atau animasi lainnya memang tampak sama dan semua negara yang pernah membuatnya, seperti contoh animasi yang pernah dibuat di Malaysia, China, bahkan Indonesia sendiri. Karena, ujung-ujungnya baik Anime maupun Kartun tercipta untuk memberikan hiburan visual yang dibutuhkan bagi orang-orang yang menyukainya.