Apa Sebenarnya Penyakit Diabetes Retinopati?

Bagikan!

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit degeneratif dengan potensi komplikasi yang cukup tinggi. Di antara banyak resiko komplikasi ini terdapat penyakit diabetes retinopati. Apa sebenarnya penyakit diabetes retinopati? Berikut ulasan singkatannya mengutip dari laman deherba.com.

Mengapa diabetes rawan komplikasi?

Penyakit diabetes retinopati

Sebelum lebih lanjut membahas soal diabetes retinopati, kita pahami dulu mengapa diabetes rawan sekali untuk terjadi komplikasi. Sebenarnya ini karena diabetes adalah penyakit yang memungkinkan sel-sel tubuh tidak mendapatkan cukup energi untuk bekerja.

Diabetes sejatinya adalah penyakit metabolisme. Penderita diabetes akan mengalami kesulitan untuk mengolah gula dalam tubuh menjadi energi. Sedang di sisi lain, penderita juga akan mengalami peningkatan kadar gula darah akibat efek dari proses tersebut.

Di satu sisi kadar gula darah atau glukosa dalam sirkulasi darah meningkat, sedang sel-sel tubuh tidak mendapatkan suplai energi yang mencukupi. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem sirkulasi darah dan kinerja sel-sel dalam organ.

Serangan kerusakan biasanya terjadi pada organ dengan tingkat kerentanan tertinggi. Sedang tingkat kerentanan organ pada setiap orang bisa jadi berbeda. Mereka yang memiliki penglihatan lebih sensitif, lebih mungkin untuk mengalami komplikasi pada fungsi penglihatan termasuk penyakit diabetes retinopati.

Memahami Penyakit Diabetes Retinopati

Sebagaimana sudah diuraikan sebelumnya, penderita penyakit komplikasi diabetes retinopati biasanya merupakan penderita diabetes jangka panjang. Pada umumnya juga hanya menyerang pada mereka yang cukup kerap mengalami hiperglikemia (kadar glukosa di atas normal).

Tingginya kadar gula dalam darah dalam jangka panjang ini dapat menyebabkan menurunnya fungsi saraf dan pembuluh darah yang dapat memicu terjadinya gangguan saraf dan gangguan pembuluh darah. Tercatat 1/3 dari seluruh penderita diabetes memiliki resiko untuk mengidap retinopati.

Baca juga:  Obat Kanker Kulit Secara Alami, Efektif!

Penyakit diabetes retinopati sendiri  menurut penjelasan dalam laman www.deherba.com. Dijelaskan bahwa penyakit diabetes retinopati adalah kondisi kerusakan fungsi retina akibat kerusakan pembuluh darah menuju mata. Kerusakan memicu kebocoran cairan darah ke dalam rongga mata dan mengganggu kinerja retina.

Retina adalah bagian penting dari rongga mata. Letaknya di belakang dan berfungsi sebagai penangkap gambar. Sinyal gambar yang ditangkap pada retina dikelola oleh sistem saraf untuk ditangkap oleh otak sebagai penglihatan.

Pada kasus penyakit diabetes retinopati, cairan dalam rongga mata menutup retina hingga tidak dapat menangkap gambar dari lensa dengan baik. Hingga bayangan gambar yang dihasilkan oleh lensa tidak dapat jatuh pada retina dengan sempurna.

Kerusakan ini juga memungkinkan area retina mengalami luka dan iritasi yang nantinya memicu terbentuknya jaringan parut pada retina. Jaringan parut ini semakin mempersulit bayangan gambar jatuh tepat pada titik retina.

Biasanya penderita penyakit diabetes retinopati akan mengalami gangguan penglihatan seperti munculnya bayangan hitam yang mengambang pada penglihatan, efek distorsi atau gambar dengan efek pudar hingga pandangan yang buram.

Kadang pasien juga mengalami gangguan gambar yang tampak goyang atau terlihat ganda (diplopia). Muncul pula laporan penderita penyakit diabetes retinopati dengan keluhan semi buta warna. Bahkan beberapa kasus menyebabkan penglihatan memburuk hingga mengalami kebutaan.

Penyakit diabetes retinopati pada umumnya akan sulit untuk diobati. Untuk pengidap diabetes, Anda sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin pada fungsi penglihatan Anda. Deteksi dini terhadap potensi komplikasi akan membantu Anda mencegah kerusakan berkembang lebih jauh.

Untuk kasus ini sebenarnya, pencegahan menjadi lebih penting daripada pengobatan. Untuk itu penting untuk penderita diabetes memahami bagaimana cara efektif menjaga stabilitas kadar gula darahnya, demi mencegah terjadinya penyakit diabetes retinopati. Anda juga bisa menemukan informasi lengkap tips-tips sehat menjaga gula darah di laman deherba.com.

Bagikan!