9 Tempat Bagus Untuk Melihat Sunset di Jogja

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun turis asing. Objek wisata yang ditawarkan menjadi magnet bagi para pelancong, salah satu hal yang banyak dilihat yakni melihat sunset di Jogja.

Sunset atau matahari terbenam merupakan momen yang terjadi pada waktu sore hari, keindahan yang diperlihatkan sangat memukau sehingga banyak yang ingin melihatnya secara langsung. Di Jogja sendiri ada banyak tempat menarik untuk melihat sunset, diantaranya:

Embung Nglanggeran

Gunung Kidul memiliki banyak tempat menarik, salah satunya yakni Embung Nglanggeran yang merupakan danau buatan yang dikelilingi oleh tebing gunung api purba. Tempat ini termasuk salah satu tempat favorit untuk menikmati sunset di kota Yogyakarta.

Dengan luas kolam sebesar 60×60 meter para wisatawan dapat berenang sambil menikmati pemandangan alam sekitarnya berupa bukit dan pepohonan yang mempesona.

Bukit Paralayang

Selanjutnya ada bukit paralayang yang lokasinya berada di sebelah timur pantai parangtritis. Drai tempat ini sunset akan terlihat begitu indah dari ketinggian, selain itu banyak fasilitas yang juga disediakan seperti tempat duduk, warung dan lain sebagainya.

Bukit Paralayang Watu Gupit

Untuk bisa mencapai tempat ini wisatawan perlu melintasi jalan yang cukup curam, namun semua itu itu akan terbayarkan ketika sudah sampai di sana. Untuk bisa menikmati momen ini sebaiknya datang sehabis jam 15.00 WIB.

Puncak Kosakora

Lagi-lagi gunung kidul memiliki tempat yang bagus untuk melihat sunset di jogja yakni puncak kosakora. Lokasinya berada di jajaran pantai yang ada di gunung kidul. Dari bukit ini pengunjung bisa melihat dengan jelas matahari terbenam.

Tempat ini mungkin menarik untuk dikunjungi karena tidak jauh dari pantai-pantai yang terkenal di gunkid, namun untuk bisa menikmati momen indah tersebut harus didukung cuaca yang bagus.

Pantai Kesirat

Pantai kesirat berada di daerah Gunung Kidul yang termasuk salah satu pantai yang cukup populer di sana. Pantai ini berbeda dengan pantai lain karena tidak ada pesisirnya. Pengunjung dapat menikmati nuansa pantai dari atas bukit.

Yang menariknya lagi pada waktu sore hari akan terlihat momen sunset yang begitu indah, tidak hanya itu saja karena pengunjung bisa bermalam di tempat ini dengan berkemah atau camping.

Candi Ratu Boko

Yogyakarta tidak hanya terkenal sebagai kota pelajar namun juga terkenal dengan berbagai objek wisata menariknya, salah satunya candi ratu boko. Seperti yang dilansir dari situs Travelingan.net sebenarnya ada banyak wisata candi di kota gudeg ini namun yang menarik dari candi ratu boko yakni dapat untuk menikmati sunset.

Sunset di Jogja Candi Ratu BokoMatahari terbenam dapat disaksikan melalui candi ratu boko, lokasinya yang berada diketinggian membuat momen sunset akan terlihat lebih menarik. Keindahannya tersebut banyak diabadikan lewat foto, terlebih bagi mereka yang hobi fotografi.

Candi Ijo

Candi Ijo termasuk tempat yang cocok untuk melihat sunset atau matahari terbenam, karena lokasinya yang juga berada di atas bukit menjadikan tempat ini sering dikunjungi untuk melihat momen indah tersebut.

Walaupun bangunannya tidak semegah candi prambanan namun candi ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi, terlebih bagi yang suka fotografi akan sangat disayangkan jika belum mengunjunginya.

Puncak Becici

Puncak becici merupakan objek wisata yang menyuguhkan pemandangan alam. Lokasi tempat ini berada di daerah Dlingo Mangunan. Selain dapat melihat pemandangan alam yang indah dari atas bukit, dari tempat ini juga bisa untuk melihat sunset.

Sunset yang dapat dilihat dari puncak becici sangat layak dinantikan, pesona matahari terbenam akan semakin indah karena disekelilingnya terdapat hamparan perbukitan yang dipenuhi pepohonan rindang.

Kebun Buah Mangunan

Kebun buah mangunan lokasinya tidak jauh dari puncak becici, dari tempat ini juga bisa untuk melihat terbenamnya matahari. Seperti namanya, tempat ini memiliki berbagai macam buah yang bisa dibeli pengunjung sehingga selain bisa menikmati buah segar juga bisa melihat pemandangan alam yang indah.

Watu Lumbung

Watu lumbung merupakan objek wisata yang memiliki tujuan untuk mengajarkan kepada kita agar lebih menjaga kelestarian alam, selain itu tempat ini juga bisa untuk melihat sunset di jogja.

Karena lokasinya yang berada di atas perbukitan maka hamparan pepohonan yang luas akan terlihat dari tempat ini, udaranya juga masih segar sehingga cocok untuk merefresh pikiran dari berbagai kepenatan.

Demikianlah info mengenai 9 tempat menarik untuk melihat sunset di jogja, semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi kalian yang ingin berwisata di kota Gudeg.