8 hal yang wajib dipertimbangkan dalam membuat kemasan makanan 

Bagikan!

Masa pandemic Covid-19 ini, orang akan lebih aware dan menjaga pola makanan. Mereka tidak hanya akan memperhatikan tempat pembelian makanan, pengolahan makanan yang higienis, dan juga kualitas kemasan makanan. 

Konsumen dan juga pebisnis kuliner harus memperhatikan jenis kemasan yang mampu melindungi makanan atau minuman. Kemasan makanan harus mampu melindungi makanan agar tidak terkontaminasi langsung dari partikel asing. Pemilihan kemasan yang baik dan benar akan mampu menjaga kualitas dari makanan tersebut.

Kemasan makanan tidak akan dipisahkan dari kehidupan sehari-hari terutama bagi anda selaku pebisnis kuliner. Kemasan juga sering ditemukan di rumah. 

Bagi pebisnis kuliner pemula sebaiknya juga mempertimbangkan apa saja yang perlu diperhatikan ketika mendesain packaging untuk makanan. 

1. Gunakan kemasan makanan yang non-styrofoam 

Kemasan dengan material non-styrofoam akan lebih aman ketika digunakan sebagai tempat makanan. Ini sangat cocok untuk makanan panas, maka tidak ada partikel yang larut dalam makanan. Selain itu, material Styrofoam dalam waktu lama akan mengganggu kesehatan. 

2. Kedap udara dan air 

Langkah selanjutnya untuk membuat makanan lebih terlidungi maka pilihlah jenis kemasan makanan yang kedap udara dan air. Kemasan kedap udara akan melindungi makanan dalam waktu lama dan tidak mudah basi. Sedangkan kedap air maksudnya kemasan tidak ada air atau cairan tidak masuk kedalamnya. 

3. Tidak menggunakan kemasan dengan material logam 

Untuk desain kemasan makanan, hindari penggunaan material logam. Kandungan yang terdapat dalam logam dikhawatirkan akan masuk ke dalam produk makanan tersebut. sebagai pebisnis kuliner, anda tentu tidak dituntut untuk membuat desain agar terlihat menarik tetapi juga memperhatikan kualitas makanan dan kesehatan konsumen. 

4. Terdapat sirkulasi udara 

Baca juga:  Kemasan Snack Supernova yang Menggugah Selera

Dalam memilih packaging makanan, anda juga wajib mendesainnya yang sudah dilengkapi sirkulasi udara. Terutama makanan suhu tinggi atau panas. Label kemasan juga penting seperti apakah makanan sudah memiliki izin BPOM dan label halal dari MUI. Ini juga menambah rasa aman dalam mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut. 

5. Desain kemasan 

Selain memperhatikan material kemasan serta pemilihan kemasan yang tepat, anda tidak boleh melewatkan desain kemasan juga. Packaging harus eye catching atau menarik, maka konsumen lebih tertarik. Tambahkan juga atribut makanan seperti logo produk, waktu kadaluarsa, dan lainnya. 

6. Greenpack 

Kemasan dengan ramah lingkungan akan meningkatkan kualitas usaha anda. kemasan greenpack tentu harus mudah di daur ulang. 

7. Cocok dengan jenis makanan tersebut 

Tidak semua kemasan bisa diperuntukkan untuk semua jenis makanan. Kemasan memiliki berbagai jenis seperti snack box, food pail dan lainnya. Packaging harus cocok dengan jenis produk tersebut. 

8. Praktis 

Pembuatan kemasan atau packaging, harus diperhatikan juga kemasan harus mudah dibuka atau ditutup. Praktis adalah keinginan banyak orang. Kemasan yang cenderung susah dibuka atau ditutup, akan membuat beberapa konsumen tidak tertarik.

 

Demikian informasi terkait hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat kemasan makanan atau minuman. kemasan yang mudah didapat, praktis dan dapat disimpan di waktu lama. Kemasan makanan berfungsi melindungi makanan dengan baik. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak memilih kemasan asal-alasan.

Bagikan!