6 Keunggulan Lampu LED

Bagikan!

Lampu LED atau Light Emitted Diode merupakan salah satu jenis lampu yang frekuensi penggunaanya cukup banyak di kalangan masyarakat Indonesia. Lampu jenis ini termasuk dalam teknologi dengan inovasi baru yang menawarkan banyak keunggulan. Tidak hanya untuk pencahayaan saja, keunggulan tersebut juga berhubungan dengan kesehatan pula. Untuk mengetahui keunggulan-keunggulan tersebut, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Mempunyai Ketahanan Lebih Lama

Dibandingkan dengan lampu jenis lain, lampu LED mampu bertahan hingga 50.000 jam.  Bahkan, bisa lebih lama apabila kondisi dari lampu LED memang masih bagus. Sementara itu, lampu lainnya mungkin hanya mampu bertahan dalam kurun 5.000 jam saja. Ada pula yang hanya bisa bertahan hingga 600 jam saja.

Dengan fakta tersebut, memilih lampu LED bisa menjadi opsi yang bagus sebagai sebuah investasi jangka panjang dalam hal penerangan. Selain ketahanan dalam hal umur, lampu LED populer sebagai lampu yang sangat adaptif dalam kondisi cuaca apapun. Hal ini membuat lampu LED juga kerap difungsikan untuk keperluan lampu taman.

Lebih Hemat Akan Penggunaan Listrik

Menghemat energi listrik tentunya memberikan banyak manfaat seperti terhindar dari tagihan listrik yang membengkak hingga menjaga kesehatan lingkungan. Nah, salah satu upaya untuk bisa menghemat listrik ini bisa kamu terapkan dengan memilih lampu LED sebagai lampu penerangan.

Diketahui lampu LED hanya menggunakan energi listrik lebih sedikit bila dibandingkan dengan lampu yang lain. Bahkan, menurut data yang ada, lampu LED lebih efisien hingga 70% dalam penggunaan listrik dari lampu jenis yang lain.

Ramah Lingkungan

Dalam upaya untuk menjaga lingkungan tetap sehat, penggunaan lampu yang ramah lingkungan juga perlu untuk dipertimbangkan. Dalam hal ini, lampu LED sudah terbukti sebagai lampu yang ramah lingkungan yang punya efektivitas tinggi. Hal tersebut didukung oleh adanya penggunaan yang rendah. Ditambah lagi, dari segi bahan, lampu LED tidak mempunyai kandungan merkuri, sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan.

Baca juga:  3 Jenis Bohlam Lampu Paling Umum yang Wajib Anda Ketahui!

Lebih Aman Dari Lampu Jenis Lain

Tidak sedikit jenis lampu yang ada justru memproduksi cahaya seperti sinar UV yang bisa berakibat buruk pada kesehatan kulit. Berbeda dengan lampu pada umumnya, lampu LED mampu menghindarkan dari bahaya tersebut dikarenakan tidak memproduksi sinar UV an hanya memproduksi spectrum infrared dan kacamata.

Disamping itu, lampu LED yang tidak mengeluarkan daya panas serta voltase yang kecil, membuatnya bisa meminimalisir resiko terkait masalah penggunaan listrik. Jadi, bisa dipastikan kalau penggunaan lampu LED jauh lebih aman dari jenis lampu lain.

Mempunyai Desain yang Fleksibel

Desain dari lampu LED yang cenderung kecil, menjadi lebih fleksibel untuk digunakan dimanapun. Baik itu digunakan untuk lampu belajar, lampu tempel, lampu gantung, maupun lainnya, lampu LED tidak akan mengurangi keindahan dari ruangan tersebut. Tidak jarang, penggunaan lampu LED juga dipakai untuk kebutuhan lampu taman, bahkan bisa menambah estetika dari taman tersebut.

Memberikan Kesan Arsitektur yang Lebih Dinamis

Bagi kamu yang ingin memilih lampu penerangan yang tidak hanya bagus secara fungsi saja, tetapi juga memberikan kesan yang bagus untuk ruanganmu, maka lampu LED dapat menjadi pilihan yang pas. Cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED cenderung lebih fokus, sehingga cocok untuk kebutuhan dekorasi. Kemudian, cahaya yang dipancarkan juga mampu memberikan kesan arsitektur yang lebih dinamis yang pastinya bisa semakin meningkatkan tampilan visual dari ruangan yang ditinggali. 

Setelah mengetahui 6 keunggulan dari lampu LED di atas, tidak salah lagi jika lampu jenis ini semakin populer di tengah masyarakat Indonesia. Sebenarnya, masih banyak keunggulan lain dari lampu LED yang bisa kamu temukan dalam perpusteknik.com. Disamping itu, ada pula informasi mengenai jenis lampu lainnya yang biasanya sering digunakan untuk pencahayaan. Informasi-informasi tersebut pastinya akan sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi terbaik untuk lampu pencahayaan.

Bagikan!