5  Hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Hendak Camping

Siapa yang menyukai berlibur ke tempat-tempat yang penuh petualangan? Jika Anda salah satunya maka Anda bisa berlibur dengan berbagai kegiatan pecinta alam. Misalnya dengan melakukan pendakian dan bercamping. Secara tidak langsung pendakian membutuhkan waktu satu hingga beberapa hari. Dan hal tersebut menyebabkan Anda untuk bercamping atau bermalam di tempat tersebut. 

camping, perlengkapan camping

1. Persiapkan Tenda

Tenda merupakan benda yang wajib untuk Anda bawa saat hendak bercamping. Dimana tenda berfungsi untuk tempat beristirahat saat berada tempat alam bebas seperti gunung atau pantai. Saat ini memang telah diproduksi berbagai jenis tenda akan tetapi Anda bisa menggunakan tenda dome yang lebih mudah untuk digunakan serta dibawa kemana-mana. 

Namun tentunya selain menyiapkan tenda, maka Anda juga harus mempersiapkan frame dan pasak sendiri. Agar tenda ini bisa berdiri dengan sempurna dan Anda bisa berteduh serta beristirahat di dalamnya. 

2. Sleeping Bag dan Matras

Untuk istirahat lebih nyaman agar Anda bisa melanjutkan petualangan maka saat camping pastikan juga tidak lupa membawa Sleeping Bag dan Matras. Penggunaan sleeping bag ini mampu menahan suhu yang dingin sehingga walaupun Anda hanya tidur didalam tenda namun tetap akan merasakan hawa yang hangat. 

Banyak Matras yang bisa tersedia saat ini salah satunya ada matras yang bisa dilipat, matras biasa dan matras yang bisa digunakan untuk diisi udara. Namun jika Anda bercamping dengan banyak orang misalnya keluarga maka bisa membawa matras yang luas dan  bisa dilipat.

3. Alat Memasak 

Makan merupakan sumber energi untuk makhluk hidup tidak terkecuali juga pada manusia. Oleh karenanya saat bercamping pastikan Anda membawa beberapa logistik makanan misalnya mie instan dan beberapa bumbu instan. 

Tidak lupa juga menyiapkan peralatan memasaknya. Seperti halnya kompor dan gas khusus serta alat makanan yang biasanya digunakan oleh para pendaki. Beratnya tidak ada satu kilo jadi pas dan cocok untuk Anda bawa camping. 

4. Pastikan Membawa Jaket dan Jangan Lupa Bawa Baju Ganti 

Biasanya melakukan camping bisa dilakukan mulai dari 2 hingga semingguan. Oleh karenanya Anda juga perlu membawa jaket untuk menahan hawa dingin di pegunungan atau alam bebas lainnya. Selain itu ada baiknya Anda juga membawa beberapa baju yang nyaman dan menyerap keringat seperti Kaos. Jika Anda membutuhkan beberapa kaos dengan kualitas baik maka bisa langsung cek ke laman berikut https://konveksisurabaya.net/ atau juga bisa di konveksi kaos Surabaya

5. Membawa Korek Api dan Senter

Hal yang sangat penting dan tidak boleh luput dari perhatian Anda saat hendak mempersiapkan peralatan camping adalah dengan membawa korek api. Pasalnya Anda sangat membutuhkan api untuk membuat api unggun guna menghangatkan tubuh. Selain itu untuk memasak atau jika perlu bisa juga untuk membakar bahan makanan misalnya ubi dan sebagainya.

Selain itu Anda harus mempersiapkan lampu atau senter. Sebab saat malam tiba maka ditempat seperti jalur pendakian akan sangat gelap oleh karenanya Anda harus membawa penerangan seperti senter ataupun headlamp. Pastikan setiap orang membawanya agar lebih mudah. Demikian itu beberapa perlengkapan yang harus Anda siapkan untuk bercamping.