5 Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop untuk Semua Merk & Sistem Operasi

Kebanyakan jenis laptop yang ada sekarang mungkin sudah dibawakan opsi adapter Wifi. Adanya jaringan Wifi kamu bisa menelusuri internet tanpa adanya tambahan kabel maupun modem. Biasanya Wifi yang berada pada laptop tak selalu aktif. Apabila kamu sedang tidak menggunakan, kamu bisa mematikannya untuk dapat menghemat pemakaian baterai. Dan apabila kita membutuhkan jaringan Wifi tersebut, barulah kamu menyalakannya kembali. Untuk kamu yang bingung cara mengaktifkan wifi, dalam artikel ini mimin akan memberikan caranya yang bisa kamu praktekkan di laptop ataupun komputer.

5 Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop atau Komputer

cara mengaktifkan wifi di laptop Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan wifi di laptop atau komputer kamu, namun disini kami akan membagikan 5 cara yang dapat kamu coba. Cara yang kami bagikan di bawah ini dapat kamu gunakan untuk semua merek laptop dan sistem operasi seperti windows (7, 8 dan 10), mac dan linux. Diantaranya adalah laptop merek acer, asus, hp, axioo, lenovo dan toshiba. Langsung aja ini lho 5 cara mengaktifkan wifi di laptop:

1. Via Tombol Wifi

Pertama, ada cara yang paling mudah dalam mengaktifkan Wifi, dalam berbagai jenis laptop mungkin dilengkapi dengan adanya tombol khusus yang berguna untuk mengaktifkan dan mematikan Wifi. Keberadaan tombol ini biasanya di atas maupun di samping pada keyboard laptop yang kamu gunakan. Agar Wifi bisa menyala, kamu hanya tinggal menekan pada tombol tersebut. Untuk memastikan Wifi menyala biasanya tombol ini dibekali indikator lampu untuk menandakannya Wifi telah menyala. Jika sudah selesai memakai Wifi, kamu hanya tinggal menekan tombol itu kembali agar mematikannya.

2. Via Tombol HN

Apabila laptopmu tidak dibekali adanya tombol khusus Wifi, maka kamu bisa mencoba cara yang kedua ini yang bisa sekali untuk digunakan. Semua jenis laptop nampaknya sudah dilengkapi adanya function khusus agar mengaktifkan Wifi. Tombol function ini berbentuk kode F1 sampai F12 yang terletak pada atas angka di keyboard. Silahkan kamu cari dahulu tombol function yang terdapat simbol Wifi di atasnya itu. Misalnya ada pada tombol F10 yang ada ikon Wifi, dan cara mengaktifkannya kamu bisa dengan gampang menekan Fn dan F10 secara bersama-sama. Tetapi ada yang hanya menekan tombol berikon Wifi selama beberapa saat tanpa menekan bersama dengan tombol Fn. Kamu bisa mencocokan cara ini di laptopmu.

3. Via Windows Mobility Center

Ketiga, ada cara yang bisa kamu gunakan apabila kedua cara diatas mungkin tidak bisa, apabila komputermu sudah dipasang wireless card maka bisa menggunakan cara ini. Berikut caranya, langkah-langkah dibawah ini kami kutip dari relogi :

  • Untuk komputer windows 7, kliklah tombol start yang berada di taskbar bagian kiri lalu pilih opsi Control Panel.
  • Sedangkan untuk komputer yang menggunakan sistem operasi windows 8, geser kursormu ke sebelah kanan layar, lalu pilih Settings dan klik Control panel.
  • Apabila kamu sudah masuk menu Control Panel, pilih 'Adjust commonly used mobility settings' yang berada dibagian bawah dalam kategori 'Hardware and Sound'.
  • Kemudian apabila muncul sebuah jendela baru yang berisikan macam-macam ikon misalnya volume, display dan sebagainya. Silahkan kamu klik pada bagian Wifi yang bertulis 'Turn wireless on'.
  • Lihatlah pada taskbar bagian kanan layar, apabila terdapat logo wireless maka otomatis Wifi kamu sudah menyala.

4. Mengaktifkan Wifi di Windows 8

Laptop kamu yang bersistem operasi Windows 8 sudah terdapat settingan yang mengatur adanya penyala dan mematikan Wifi. Dan mungkin kamu belum menyadari dan belum tahu caranya. Berikut caranya:

  • Geserkan kursor kamu ke kanan pada layar hingga muncul bagian charms bar, pilihlah settings.
  • Pilih pada opsi 'Change PC Settings', lalu pilihlah 'Network'.
  • Apabila bagian pada 'Airplane Mode' aktif, silahkan kamu matikan dahulu dikarenakan Wifi takkan bisa menyala ketika Airplane dalam mode Aktif.
  • Dalam bagian 'Wireless Device', silahkan kamu nyalakan opsi 'Wifi'.

5. Mengaktifkan Wifi di Windows 10

Tak jauh beda dengan Windows 8, Windows 10 ini juga terdapat settingan Wifinya tersendiri yang sangat mudah diakses tentunya. Silahkan kamu pahami berikut caranya:

  • Kliklah ikon network yang berada pada di Taskbar (umumnya berupa logo sinyal Wifi).
  • Apabila Airplane mode menyala, dan biasakan matikan terlebih dahulu apabila kamu ingin menghidupkan Wifi.
  • Jika sudah mematikan Airplane Mode, silahkan kamu nyalakan Wifi dengan klik ikon Wifi.

Apabila cara diatas belum dapat juga mengaktifkan Wifi, kemungkinan besar adalah permasalahan terdapat dari wireless adapter yang belum kamu install. Nah, diatas adalah beberapa cara mengaktifkan wifi di laptop dan perangkat komputer. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.