5 Alasan Masuk Kuliah Ilmu Komunikasi

Bagikan!

Bingung memilih jurusan yang tepat, dan sesuai kemampuan. Mungkin kuliah ilmu komunikasi akan jadi jawaban yang tepat untuk Anda. Terutama Anda yang senang bertemu dengan banyak orang, Jadi pembicara, menyelenggarakan event, atau hal lainnya yang berhubungan dengan sistem komunikasi. Ada beberapa alasan, kenapa sebaiknya Anda memilih jurusan yang satu ini, antara lain :

1.  Ilmu komunikasi dibutuhkan oleh siapa saja

Ilmu komunikasi ini adalah salah satu ilmu yang cukup penting, karena pada dasarnya ilmu yang satu ini, sadar atau tidak selalu digunakan setiap hari, dan setiap saat. Setidaknya dengan mengetahui bagaimana cara berkomunikasi secara efektif, membuat Anda mampu berkomunikasi secara lebih baik,dan mampu menyampaikan pendapat secara lebih baik.

2.     Tidak hanya asal bicara

Untuk berbicara dengan baik, tentunya tidak bisa sembarang bicara, ada beberapa aturan dan hal-hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Itu yang akan Anda pelajari ketika masuk ke jurusan ilmu komunikasi Anda akan mempelajari berbagai macam hal hal yang berkaitan dengan dunia ilmu komunikasi.

Para mahasiswa akan diajak untuk berpikir lebih kreatif, mampu melakukan riset komunikasi, berdasarkan data yang ada, dan menjadi seseorang yang open minded. Tentu saja hal tersebut, dilakukan untuk membantu Anda mengungkapkan dan berbicara dengan lebih baik.

3.  Mudah mencari  kampus

Jurusan ilmu komunikasi ini, termasuk salah satu jurusan yang paling mudah dicari. Ada cukup banyak kampus yang menyelenggarakan mata kuliah tersebut. Salah satu cara yang dapat membantu Anda dalam mencari universitas, yang mempunyai jurusan ilmu komunikasi adalah goKampus.

4. Mempunyai cabang ilmu yang banyak

Yang tidak banyak orang sadari adalah, cabang ilmu yang dimiliki oleh kuliah ilmu komunikasi ini terbilang cukup banyak. mulai dari Public speaking, jurnalistik, dan yang lainya. Misalnya saja untuk ilmu jurnalistik, di sini Anda akan belajar dalam menyampaikan pesan pada masyarakat, dalam bentuk berita, baik itu melalui media cetak, atau juga secara visual.

Baca juga:  Jurusan dengan Jenjang Karir yang Bagus

Lalu ada juga cabang ilmu desain komunikasi Visual, di mana dalam hal ini para mahasiswa akan belajar tentang, cara menyampaikan pesan melalui media visual secara lebih efektif. Mulai dari bentuk gambar, warna, dan hal-hal lainya.

Tidak hanya sampai di sana, cabang ilmu hubungan masyarakat, juga turut dipelajari di sini. Artinya Anda akan belajar untuk menyampaikan pesan, pada pihak luar, misalnya saja pada pihak perusahaan lain, perwakilan negara lain, dan yang lainya. Tentu saja hal tersebut dilakukan untuk menjaga citra dan nama baik perusahaan tersebut.

5. Lowongan pekerjaan yang terbuka luas

Yang paling menarik, dan pastinya paling ditunggu oleh para mahasiswa adalah, lowongan pekerjaan untuk jurusan yang satu ini terbilang cukup terbuka lebar. Mengingat hampir semua aspek dalam kehidupan, dan juga pekerjaan yang ada membutuhkan sistem komunikasi yang baik, yang mampu menguntungkan kedua belah pihak.

Bahkan kali ini, Anda dapat bekerja langsung disalah satu perusahaan yang ada, atau Anda dapat membuka sendiri layanan jasa tertentu, misalnya saja bisnis pembuatan iklan di media online, atau yang lainnya.

Tidak hanya itu saja jenis pekerjaan yang dapat Anda pilih dan lakukan pun juga cukup banyak, mulai dari HRD, PR, Jurnalistik, reporter, pembuat iklan, dan yang lainnya.

Dari ulasan di atas dapat terlihat da cukup banyak alasan, kenapa sebaiknya Anda masuk dan ambil kuliah ilmu komunikasi. Selain mudah mencari pekerjaan, juga membuat Anda jadi lebih percaya diri.

Bagikan!