4 Tips Memilih Cat Interior Peredam Panas yang Bagus

Bagikan!

Suhu udara yang cenderung tinggi pasti membuat Anda tidak lepas dari pendingin ruangan. Konsekuensinya adalah pemakaian daya listrik yang besar. Namun, hal tersebut dapat diminimalisir dengan mengaplikasikan cat interior peredam panas yang mampu mendinginkan bangunan.   

Cara kerja dari cat peredam panas adalah menahan efek panas dari cahaya matahari yang masuk ke dalam bangunan. Dengan begitu, suhu dalam ruangan menjadi lebih sejuk. Tidak hanya itu, bangunan pun akan lebih tahan lama. Apa saja tips untuk menentukan cat yang bagus? 

Tips Memilih Cat Interior Peredam Panas

Apabila Anda berencana untuk membeli cat, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar cat benar-benar dapat bekerja secara efektif. Berikut 4 hal tersebut: 

1. Bahan

Merkuri dan timbal merupakan dua logam berat yang sering digunakan sebagai campuran cat. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan cat interior yang akan dibeli terbebas dari dua bahan tersebut.

Alasannya, merkuri dan timbal membahayakan kesehatan bayi, anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa efek sampingnya antara lain gangguan pernapasan, kerusakan organ hati, ginjal dan otak.

Hal tersebut wajib diwaspadai demi keamanan Anda dan keluarga saat beraktivitas di dalam rumah. Sebab, ada kemungkinan dua bahan tersebut terhirup dan bersentuhan dengan kulit kemudian masuk ke dalam tubuh.

Maka, jangan hanya terpaku pada seberapa kuat cat tersebut dapat menangkal sinar matahari tetapi juga apa saja bahan campuran yang dimasukan.

cat interior

2. Kualitas

Menyoal kualitas, pertama Anda harus memperhatikan kelebihan yang produk tersebut tawarkan. Sebagai cat peredam panas, tentu hal terpenting adalah sampai berapa persen sinar matahari yang dapat ditahan.

Rata-rata, cat interior peredam panas mampu menahan cahaya matahari hingga 80% dan menurunkan suhu antara 50 C hingga 100 C. Perhatikan juga ketahanan cat. Sebaiknya pilih yang perlindungannya bisa lebih dari 12 tahun.

Baca juga:  Kelebihan Memanfaatkan Pest Control Service untuk Anda

Selain itu, prioritaskan cat peredam panas yang juga menawarkan fungsi self-cleaning agar tidak ditumbuhi jamur serta lumut, dan warna yang anti pudar.

Kedua, pilihlah brand yang sudah lama dipercaya dan terbukti memiliki produk yang terbaik. Misalnya saja produk cat dari Avian Brands yang telah ada sejak 1978 dan sudah mengantongi banyak sertifikat mutu standar nasional.

Terakhir, kualitas juga berhubungan dengan harga. Maka dari itu pastikan harga cat yang akan Anda beli sudah sesuai dengan keunggulan yang ditawarkan. Apabila perlu, bandingkan harga dari beberapa merk yang spesifikasinya sama.

3. Efek yang Diberikan

Cat peredam panas dapat dikatakan bagus apabila langsung memberikan efek setelah diaplikasikan pada dinding. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan pengecatan secepat mungkin untuk menguji apakah saat cuaca sedang panas, bagian dalam rumah Anda tetap dingin.

Hal tersebut juga sebagai langkah antisipasi apabila produk tidak sesuai klaim, maka Anda langsung bisa mengganti dengan merk lain yang lebih memuaskan.

4. Pilihan Warna

Walaupun sudah dilengkapi dengan teknologi pereda panas, ternyata warna cat interior juga memiliki pengaruh penting untuk membuat ruangan Anda lebih dingin. Warna terbaik untuk cat interior peredam panas adalah hijau dan biru laut.

Dua warna tersebut memunculkan kesan segar, sejuk dan luas pada ruangan. Alternatif lain adalah warna merah muda dan kuning yang menjadikan ruangan terkesan terang, ceria namun tetap dingin.

Memilih cat interior rumah yang dapat menangkal cahaya memang sebuah pilihan tepat. Anda tidak perlu lagi terlalu bergantung pada pendingin ruangan yang efeknya tidak ramah lingkungan. Selain itu, bangunan dapat tahan lama sehingga mengurangi biaya renovasi.

Apabila perlu, lengkapi juga dengan memasang lapisan eksotermal pada bagian atap. Selain itu, membangun taman indoor dan meletakkan tanaman penyejuk di tiap sudut ruangan merupakan ide tambahan yang bisa Anda coba.

Bagikan!