4 Cara Menaklukkan Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Bagikan!

Tiktok ialah salah satu platform di media sosial, tak hanya platform media sosial saja ya, ternyata tik tok juga menjadi salah satu content distribution platform  loh ! Dimana di tik tok anda dapat membagikan video kreatif anda seperti ber make up, memasak ataupun lainnya. Namun, anda pernah berfikir tidak ? Mengapa seseorang dapat menjadi terkenal hanya melalui video yang dibagikannya di tik tok ? Jawabannya ialah karena algoritma tik tok.

Algoritma tik tok tentunya dapat mempengaruhi beberapa hal seperti waktu yang tepat untuk memosting, pemilihan music, sampai dengan pemakaian hastag. Namun, kini anda tak perlu khawatir lagi karena ada beberapa cara untuk menaklukkan algoritma tik tok anda agar video anda menjadi viral. Penasaran, Apa saja caranya ? Mari simak penjelasan berikut ini yuk.

1. Hastag

Agar anda dapat menaklukan tik tok anda, maka anda perlu masuk pada menu “for you” terlebih dahulu. Menu ini digunakan untuk mengoptimalkan beberapa hastag. Biasanya beberapa hastag menggunakan hastag #ForYou, #ForYouPage ataupun #FYP. Selain menggunakan hastag #ForYou, anda juga dapat menggunakan hastag mengenai sesuatu yang sedang tren pada saat itu.

Anda dapat mencari hastag mengenai sesuatu yang sedang tren dengan cara membuka menu “Discover.” Hastag yang berada pada menu “Discover” mempunyai tanda yaitu ikon “Fire.” Ikon tersebut artinya yaitu hastag yang sedang tren. Namun, anda perlu tau bahwa pemakaian hastag yang sedang tren tersebut harus tetap relevan dengan postingan anda.

2. Jangan Gunakan Caption Panjang

Agar anda dapat menaklukan tik tok anda, maka anda perlu menggunakan caption yang pendek dan dapat anda kolaborasikan dengan hastag yang relevan. Ada cara yang dapat anda lakukan untuk membuat caption yaitu dengan membuat sebuah kata ataupun kalimat yang berisi mengenai sebuah humor ataupun pertanyaan. Dengan kata ataupun kalimat yang berisi mengenai sebuah humor ataupun pertanyaan tersebut membuat seseorang menjadi penasaran atau ingin tahu mengenai postingan anda sehingga orang tersebut rela menunggu postingan selanjutnya ataupun mencari tau mengenai postingan anda sebelumnya.

Baca juga:  Ternyata Sangat Mudah Untuk Cara Mengecek Kuota 3 (Tri), Begini Caranya!!

 

3. Menentukan lagu atau suara

Lagu atau suara pada konten yang anda bagikan juga mempunyai fungsi yang besar loh. Tips yang perlu anda ketahui sebelum menggunakan lagu atau suara tersebut. Tips nya yaitu anda perlu memastikan lagu atau suara yang anda gunakan adalah lagu atau suara yang sedang trend saat ini. Anda dapat mencari lagu atau suara yang sedang trend saat ini dengan cara berikut ini.

 

4. Jangan Posting Video yang Terlalu Panjang

Salah satu algoritma yang digunakan oleh TikTok yaitau waktu melihat video. Video yang dilihat secara utuh sampai detik terakhir akan lebih berpeluang untuk masuk kedalan tampilan menu “For You” pengguna TikTok lainnya. Dengan begitu Anda tidak perlu membuat video yang berdurasi terlalu panjang. Durasi 15 detik merupkan durasi yang paling pas di TikTok. Kecuali video kalian menarik dan mampu membuat pengguna lainnya tertarik menonton video Anda hingga selesai.

 

Nah itulah 4 tips yang dapat Anda gunakan untuk menembus algoritma TikTok, namun ada kunci lain yang dapat Anda lakukan agar video Anda tampil pada menu “For You” yaitu konsistensi dalam mengunggah video. Selain itu Anda dapat mencoba untuk melakukan duet dengan konten video yang dibuat oleh pengguna TikTok lainnya. Jika anda kesulitan dalam mengelola tiktok, anda bisa menggunakan jasa social media management   Selamat mencoba ya..

 

Bagikan!