3 Jenis Bohlam Lampu Paling Umum yang Wajib Anda Ketahui!

Bagikan!

Apakah Anda sedang mencari bohlam lampu yang tepat untuk kebutuhan Anda? 

Tahukan Anda bahwa lampu memiliki berbagai macam jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kegunaannya.

Berikut adalah jenis lampu bohlam umum yang wajib Anda ketahui.Yuk disimak!

Lampu pijar

Lampu pijar sering juga disebut dengan lampu bohlam. Penemu dari lampu ini adalah Thomas Alva Edison, seorang ilmuwan asal Amerika Serikat yang terkenal akan jumlah percobaannya. Lampu ini mudah ditemukan, karena merupakan jenis lampu awal yang digunakan. Inilah mengapa lampu bohlam tersedia di pasaran hampir pada setiap toko elektronik baik di kota maupun desa-desa.

Lampu bohlam memiliki harga paling terjangkau dibandingkan dengan jenis lampu lainnya.

Meski demikian, lampu ini cenderung tidak dapat memanfaatkan energi listrik dengan efisien, sehingga akan menyedot banyak energi. Cahaya yang dihasilkan hanya 10% sementara sisa energi listrik dipancarkan sebagai panas saja.

Lampu ini juga cenderung tidak aman ketika digunakan pada area indoor yang membutuhkan penerangan dalam jangka waktu yang lama. Anda mungkin pernah mendengar kasus lampu bohlam yang meletus karena memang jika panas yang dipancarkan terlalu panas akan membuat kaca bohlam terbakar dan mengakibatkan letusan. Beberapa daerah melarang penggunaannya pada area indoor ruangan ataupun untuk instalasi pada kendaraan.

Panas yang ditimbulkan dari nyala lampu bohlam juga cukup besar, sehingga akan timbul perasaan hangat akibat menggunakan lampu ini. Inilah sebabnya penggunaan lampu bohlam biasanya digunakan pada daerah-daerah dingin, digunakan sebagai lampu outdoor, ataupun digunakan pada peternakan, sebagai lampu penerangan.

Lampu Neon

Jika lampu pijar memiliki lampu bohlam yang berbentuk bulat, maka lampu neon biasanya memiliki bentuk tubular.  Lampu ini berisi gas yang mana kemudian akan bereaksi dengan lapisan fosfor pada tabung lampu sehingga menghasilkan cahaya yang terang.

Baca juga:  Berapa Kisaran Harga Sewa Kipas Blower Air di Indonesia?

Penggunaan lampu ini biasanya digunakan pada bagian dalam ruangan karena warnanya yang terang putih.

Lampu ini cukup hemat energi dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan lampu pijar.

Meskipun demikian, lampu ini mengandung merkuri yang mana berbahaya bagi lingkungan. Apalagi limbah yang dihasilkan dari lampu ini nantinya.

Lampu LED

Lampu LED memiliki harga yang paling tinggi jika dibandingkan dengan lampu neon dan lampu pijar. Lampu LED memiliki filamen yang dikembangkan menggunakan gas inert dan halogen.

Lampu ini cenderung tahan lama dibanding lampu pijar dan lampu neon. Selain itu, penggunaan dari lampu LED sangat bermacam jenisnya. Hal ini karena lampu LED sangat bervariasi di pasaran, mulai dari warna, jenis, model bohlam lampu, desain, dan ukuran dari lampu LED itu sendiri.

Lampu ini mudah diinstal pada interior ruangan maupun kendaraan. Untuk outdoor pun lampu ini sangat cocok digunakan sebagai dekorasi.

Lampu LED memiliki harga yang terkenal lebih mahal dibanding lampu pijar dan lampu neon. Contoh pengaplikasian dari lampu led dalam kehidupan sehari hari adalah lampu donwlight, lampu hias, lampu kamar tidur, lampu gantung, lampu dinding, lampu taman dan masih banyak lagi.

Bagikan!