Membiasakan Diri Makan Tepat Waktu

Membiasakan Diri Makan Tepat Waktu

Membiasakan Diri Makan Tepat Waktu

Makan merupakan kebutuhan penting bagi setiap orang. Namun, masih banyak orang yang makan tidak tepat waktu  atau sering menunda nunda jika makan. Padahal, makan tepat waktu dan teratur memberikan manfaat bagi tubuh kita.

Waktu makan yang sering dihindari adalah sarapan di pagi hari. Apakah kamu sudah tahu kalau makan pagi lebih penting dibandingkan makan siang? Banyak orang yang enggan sarapan karena alasannya diet, tidak ada waktu, repot memasak pagi-pagi, takut telat berangkat kerja, sekolah, dan lain lain.

Ada juga yang tidak bisa makan pagi karena merasa tidak biasa. Jika kamu tidak sempet atau tidak biasa makan nasi dipagi hari, kamu bisa menggantinya dengan makan roti dan minum segelas susu agar sebelum beraktivitas kamu sudah mendapatkan energi yang cukup. Sejujurnya, jika kita sering melewatkan makan pagi akan berbahaya bagi kesehatan kita. Contohnya orang yang lebih sering melewatkan makan pagi cenderung lebih gemuk dibandingkan orang yang sarapan rutin.

Makan yang tak teratur dapat menyebabkan gangguan insulin. Karena jika kita tidak makan secara teratur, kerja insulin pun akan terganggu. Selain itu juga memicu gula darah yang tidak terkendali, penyakit maag, serta menyebabkan timbulnya penyakit diabetes.

Penyakit lainnya yang bisa terjadi akibat makan tidak tepat waktu yaitu meningkatkan kolesterol dalam darah menjadi lebih tinggi, dan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung. Makan tidak tepat waktu juga dapat mengganggu konsentrasi kita.

Karena jika kita dalam kondisi lapar, kita jadi kurang berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas. Selain makan tepat waktu dan teratur, nutrisi dalam makanan sangat berpengaruh terhadap konsentrasi seseorang. Misalnya dengan mengonsumsi protein sangat penting bagi kesehatan otak. Maka dari itu untuk mendapatkan konsentrasi kamu harus membiasakan diri makan tepat waktu dan teratur serta memperhatikan nutrisi makanan yang akan kamu konsumsi.

Kita dianjurkan makan sehari 3x untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya. Yaitu makan pagi, makan siang, dan makan malam. Bagaimana dengan kamu?

Apakah sudah makan sehari 3x? Nah jika belum mulailah membiasakan diri dari sekarang. Atur jam makan kamu mulai dari sarapan sekitar jam 6 hingga jam 8 pagi, makan siang sekitar jam 12 hingga jam 2 siang, serta makan malam antara jam 6 hingga jam 8 malam.

Jika memang dalam kondisi tertentu, kamu disarankan menambah jumlah makan sebelum dan sesudah olahraga. Tidak perlu khawatir dengan hal itu karena dengan banyaknya jumlah asupan yang kamu makan, kalori tetap bisa ditekan sambil memaksimalkan asupan gizi penting seperti protein, serat, lemak esensial vitamin dan mineral. Dengan begitu kamu akan tetap sehat sepanjang waktu. Diet sehat cepat bisa menggunakan salah satu strategi ini.

Itulah tips sederhana dari aku, semoga bermanfaat ya untuk kita semua.

 

Comments are closed.