Langkah-langkah Membuat Sumur dengan Bor Tanah Manual

Langkah-langkah Membuat Sumur dengan Bor Tanah Manual

Langkah-langkah Membuat Sumur dengan Bor Tanah Manual – Sumur merupakan salah satu sumber pendapatan air dari dalam bumi. Biasanya air dari dalam sumur digunakan untuk mandi, mencuci, dan sumber minum. Sumur tradisional pada umumnya digali dengan lubang diameter yang besar, kemudian dinding di sekitarnya dilapisi tembok agar tanah galian untuk sumur tidak ambruk, longsor, atau berjatuhan. Penggunaan katrol manual dan ember masih sering ditemukan di wilayah pedesaan.

Untuk kawasan perkotaan, sumur air tidak lagi menggunakan katrol yang ditarik manual oleh manusia. Pembuatan sumur modern telah dibuat dengan teknik pengeboran menggunakan mesin bor tanah manual. Oleh karena itu dinamakan sumur bor. Sumur bor ini juga tidak memakan tempat, hanya butuh pipa paralon yang ditanam, lalu airnya disedot dengan pompa air. Lebih efisien dan hemat tenaga.

Manfaat Menggunakan Sumur Bor Dibandingkan dengan Sumur Gali

1. Pembuatan Lebih Cepat

Tidak seperti pembuatan sumur gali yang memerlukan waktu hingga beberapa hari, pembuatan sumur bor dengan alat dan mesin hanya membutuhkan beberapa jam saja. Maksimal pengerjaan paling lama sekitar 2 hari saja untuk kondisi tanah yang agak keras atau berbatu. Jika kontur tanah yang akan dijadikan sumber air cukup mudah dibor, maka pembuatan sumur akan lebih cepat selesai.

2. Tidak Mudah Tercemar

Masalah umum yang terjadi pada sumur gali yakni mudah tercemar limbah. Hal ini dikarenakan semen penopang sumur yang tidak cukup efektif untuk mencegah berbagai resapan dari luar, seperti kotoran ataupun limbah tertentu. Berbeda dengan sumur bor. Pengerjaan dengan bor tanah manual untuk membuka jalan air akan langsung ditutup dengan pipa paralon jenis galvanis, sehingga meminimalisir risiko tercemar kotoran atau limbah rumah tangga.

Bor Tanah Manual

3. Air yang Dihasilkan Jernih dan Bersih

Dengan menggunakan sumur bor, kamu tidak perlu khawatir dengan kejernihan air yang dihasilkan. Tingkat kebersihan air yang keluar dari sumur bor biasanya sudah melalu proses penyaringan melalui alat yang melingkupinya. Oleh karena itu, air bisa langsung direbus untuk minum atau digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti mencuci atau mandi.

Baca juga: https://sejasaku.net/kontraktor-jasa-bor-pile-semarang/

Alat Pendukung Pembuatan Sumur Bor

Jika kamu berniat membuat sumur bor, maka kamu perlu mempersiapkan alat bor tanah manual sebagai berikut.

· Besi pipa dengan diameter 3 inch, panjangnya dapat disesuaikan dengan kedalaman sumur yang akan digali.

· Besi pipa silang empat atau kunci monyet, fungsinya sebagai tangan bor untuk memutar dan menggali tanah.

· Mesin penyedot air

· Cangkul

· Pipa paralon yang memiliki diameter sebesar 5 inch, 3 inch, 1 inch, dan setengah inch.

Langkah Pembuatan Sumur Bor Manual

1. Tentukan lokasi pengeboran, cangkul permukaan tanahnya sekitar 60 sentimeter, kemudian isi dengan air agar memudahkan pemasangan pipa bor.

2. Dengan alat bor tanah manual, buat lubang untuk memasang mesin penyedot air. Satu lubang untuk dipasang selang penyedot, satu lubang lain dipasang menuju pipa besi untuk mengairi tanah.

3. Benamkan pipa bor ke dalam tanah secukupnya, hingga memungkinkan untuk dicari resapan airnya.

4. Capit batang pipa bor menggunakan kunci monyet, kemudian putar searah untuk menentukan kedalamannya.

5. Jika kedalaman dirasa cukup dan sesuai, selanjutnya memasang pipa paralon secara berurutan mulai dari ukuran yang paling besar hingga terkecil.

6. Hubungkan pipa dari dalam sumur menuju pompa air di luar.

7. Air sumur telah bisa dialirkan melalui keran air.

Bagi kamu yang merasa kesulitan melakukannya seorang diri, kamu bisa menggunakan jasa pengeboran sumur profesional. Biasanya dengan menggunakan bor tanah manual, penyedia jasa ini dapat menyelesaikan pembuatan sumur bor dalam waktu yang singkat. Dengan demikian, kamu tidak perlu kerepotan mempersiapkan segala hal teknisnya, cukup membayar jasa layanan yang diberikan saja.

Comments are closed.