8 Rahasia Teknisi Komputer Agar Kinerja Windows 10 Menjadi Lebih Cepat

8 Rahasia Teknisi Komputer Agar Kinerja Windows 10 Menjadi Lebih Cepat

8 Rahasia Teknisi Komputer Agar Kinerja Windows 10 Menjadi Lebih Cepat – Windows 10 adalah OS terbaru dari microsoft yang banyak membuat orang menyukainya. Secara itterface mukanya sangat menawan sakali lebih modern dan kekinian. Banyak sekali kemajuan yang ada di sini dari generasi sebelumnya.

Untuk menjalankan OS ini diperlukan beberapa spesifikasi yang harus di gunakan oleh komputernya sendiri, meskipun tak jarang untuk kompuer yang memiliki spesifkasi low masih bisa berjalan tetapi tidak optimal.

Pada dasarnya windows yang satu ini sudah optimal kinerjanya tetapi ternyata masih bisa di tingkatkan lagi loh. Bila mau belajar dan kulik sedikit saja orang awam pun bisa melakukan tanpa harus memanggil pusat service komputer panggilan.  Lalu bagaimana caranya??

1. Mematikan startup

Saat pertama kali meghidupkan komputer akan mengecek beberapa aplikasi yang kita tampilkan. Bila aplikasi ini yang di cek terlalu banyak maka akan membuat kinerja komputer akan menjadi lebih lambat karena harus mengecek satu demi satu. Untuk itu segera matikan saja yang tidak perlu sehinga kinerja komputer aan lebih cepat bootingnya.

Untuk mematikan software yang tidak di perlkan begini caranya:

Tekan tombil CTRL + ESC secara bersamaan.

Klik bagian Startup, di sana akan menunjukkan aplikasi apa saja yang sedang berjalan saat komputer pertama di nyalakan. Pilih program mana saja yang perlu di matikan. Caranya sangat mudah sekali, tinggal klik ke bagian disable saja atau klik kanan bagian aplikasi lalu nonaktifkan terus tinggal klik disable.

2. Matikan fitur search indexing

Fitur search indexing memiliki fungsi unik yakni akan mengindeks semua file yang ada di komputer. Untuk mematikan atau menonaktitkan gampang banget. Pada menu start ketik kata service, nanti menu service akan terbuka. Cari di bagian windows search, lalu klik kanan terus tekan tombol bagian Stop yang gunanya untuk menghentikan perintah search indexing

3. Matikan background apps

Ada beberapa software yang tanpa diketahui bekerja di balik layar sehingga tahu – tahu kog RAM terpakai banyak. Dan pastinya ini merugikan sekali. Untuk itu ada baiknya hal ini perlu di matikan saja. Untuk pengguna komputer dapat mematikan memalui task manager dan untuk mobile bisa melalui menu setting.

Manfaat lainnya adalah dengan mematikan fitur ini maka kuota internet akan lebih hemat, sebab ketika berjalan ternyata secara diam – diam memakan bandwith yang ada.

4. Matikan Visual effect

Kalau menggunakan Windows 10 tidak terlalu memperhitungkan mengenai tampilan dan mengedepankan performa maka salah satunya juga bisa mematikan visual effectnya.

– Ketik pada bagian Run dengan kalimat SystemPropertiesAdvanced

– Cari menu Perfomance –>> klik Setting

– Pilih bagian visual yang di mau.

Seperti :

  • Let Windows choose what’s best for my computer : Dapat Menentukan visual efek seperti  rekomendasi dari sistem yang ada.
  • Adjust for best apperance : Dapat mengaktifkan semua visual efek yang tersedia, dengan ini maka komputer akan semakain keras bekerja dan bisa jadi akan lebih lamabta kinerjanya. Terlebih bila komputernya ini speknya rendah.
  • Adjust for best perfomance : Mematikan visual efek semua yang ada, Bila ini di lakukan maka kinerja komputer akan jauh lebih ringan sebab animasi yang ada tidak di baca.
  • Custom
    Ini sangat menarik sekali. Kita bisa mensetting visual effek sesuai kebutuhan apa saja yang di gunakan.

5. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Untuk software yangsudah tidak di perlukan lagi dan itu sudah terinstall pada komputer ada baiknya di hapus saja. Sebab hal ini akan menurunkan kinerja dan pastinya akan memenuhi kapasitas HD yang ada.

6. Tidak menggunakan Theme

Dengan adanya theme akan membuat tampilan sangat indah dan enak di pandang. Tetapi tahu g bila 6ni di lakukan akan membuat kinerja komputer menjadi lebih lambat. Maka dari itu sebaiknya theme ini di hilangkan saja agar performa komputer lebih baik dan kencang.

7. Defragment secara rutin

Saat kita sedang membuka software pada komputer maka akan banyak meninggalkan sampah, register sehingga akan mmebuat data – data ini tidak rapi. Yang berefek pada lanju komputer menjadi lebih berat dengan harus membaca semua ini. Untuk itu harus di tata ulang semua registrinya.

Untuk melakukan ini bisa dengan menggunakan aplikasi bawaan yakni Defragment atau pihak ke 3 seperti CC Cleaner.

8. Upgrade Hardware

Bila langkah di atas di rasa kurang juga, maka ada baiknya untuk upgrade yang namanya komponen yang ada. Dalam mengupgrade pastinya harus lebih baik dari hardware. Beberapa yang bisa di ganti ada di bagian vga, ram, prosesor, kipas.

Buat kalian yang punya persoalan gaptek sama sekali yang tahunya hanya memakai saja dan ada di lokasi jakarta, maka mencari jasa service komputer jakarta perlu di pilih. Mereka pastinya sudah sangat mengerti akan hal seperti ini sehingga akan dengan cepat menyelesaikan. Dengan menyerahkan saja kepada ahlinya membuat anda dapat mengerjakan hal lainnya.

Comments are closed.